Kompas TV internasional kompas dunia

Satu-satunya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Iran Ditutup Darurat, Ada Apa?

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 05:50 WIB
satu-satunya-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-iran-ditutup-darurat-ada-apa
Seorang pekerja yang mengendarai sepeda melintas di dekat bangunan reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr di Bushehr, Iran. Foto diambil pada 26 Oktober 2010. (Sumber: AP Photo/Mehr News Agency, Majid Asgaripour, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

TEHERAN, KOMPAS.TV – Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr di Iran ditutup. Melansir Associated Press pada Minggu (20/6/2021), penutupan darurat satu-satunya PLTN ini berlangsung sejak Sabtu (19/6/2021).

“Penutupan PLTN Bushehr dimulai pada Sabtu dan akan berlangsung selama tiga hingga empat hari,” ujar Gholamali Rakhshanimehr, seorang pejabat dari perusahaan listrik negara Tavanir dalam sebuah acara bincang-bincang di televisi Iran.

Baca Juga: Iran Bisa Buat Bom Nuklir dalam Hitungan Pekan, Perjanjian Nuklir Iran di Ujung Tanduk

Tanpa merinci, ia menyatakan bahwa sebagai akibatnya, pemadaman listrik dapat terjadi. Ini merupakan kali pertama Iran melaporkan penutupan darurat PLTN yang berlokasi di selatan kota pelabuhan Bushehr.

PLTN ini online pada tahun 2011 dengan bantuan dari Rusia. Iran diwajibkan mengirimkan kembali batang bahan bakar yang telah digunakan di PLTN itu ke Rusia sebagai langkah pencegahan proliferasi atau penyebarluasan senjata.  

Pada Minggu (20/6/2021), Tavanir merilis pernyataan yang menyebut bahwa PLTN Bushehr tengah diperbaiki, namun tak merinci keterangan lebih lanjut. Perbaikan PLTN Bushehr, kata Tavanir, akan berlangsung hingga hari Jumat (25/6/2021) mendatang.

Baca Juga: Perjanjian dengan Iran Berakhir, IAEA Tak Bisa Lagi Pantau Fasilitas Nuklir Iran

Pada Maret lalu, seorang pejabat nuklir Mahmoud Jafari mengatakan, PLTN Bushehr dapat berhenti beroperasi karena Iran tak dapat memperoleh suku cadang dan peralatan dari Rusia akibat sanksi perbankan yang diterapkan oleh Amerika Serikat (AS) pada tahun 2018.

PLTN Bushehr beroperasi dengan bahan bakar uranium yang diproduksi di Rusia, dan bukan Iran. Badan Energi Atom Internasional PBB IAEA juga memantau keberadaan PLTN Bushehr. Hingga kini kini IAEA belum memberikan komentar terkait penutupan darurat PLTN Bushehr.

Baca Juga: Fasilitas Nuklir Iran Disabotase, Disebut sebagai Aksi Terorisme

Pembangunan konstruksi PLTN Bushehr yang terletak di pesisir utara Teluk Persia dimulai di bawah shah Iran pada pertengahan tahun 1970-an. Setelah Revolusi Islam pada tahun 1979, PLTN Bushehr berulang kali menjadi sasaran dalam perang Iran – Irak. Rusia lalu menyelesaikan pembangunan fasilitas PLTN itu.

PLTN yang dibangun di dekat garis patahan aktif dan dirancang untuk menahan getaran gempa yang kuat itu telah beberapa kali mengalami gempa bumi. Namun, tidak dilaporkan adanya gempa bumi di sekitar wilayah itu dalam beberapa hari terakhir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x