Kompas TV euro 2020 serba serbi

Penuh Semangat, Timnas Italia dan Lagu Kebangsaan Il Canto degli Italiani

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 02:05 WIB
penuh-semangat-timnas-italia-dan-lagu-kebangsaan-il-canto-degli-italiani
Timnas Italia saat menyanyikan lagu kebangsaan Il Canto degli Italiani dengan penuh semangat. (Sumber: Instagram/@giorgiochiellini)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ROMA, KOMPAS.TV - Ekspresi tim nasional (timnas) Italia selalu tampak penuh semangat tiap menyanyikan lagu kebangsaannya, sebelum memulai pertandingan.

Termasuk saat melakoni laga-laga di pentas Piala Eropa 2020, skuad yang berjuluk Gli Azzuri tersebut akan dengan lantang menyanyikan lagu kebangsaan Italia, Il Canto degli Italiani.

Semangat yang dicerminkan oleh Giorgio Chiellini dkk tersebut nyatanya sudah menjadi tradisi bagi timnas Italia, entah mereka bertanding di turnamen besar maupun kecil.

Tak hanya di sepak bola, dalam kejuaraan rugbi dunia dan upacara pembukaan Olimpiade Italia 2006 pun menyajikan pemandangan yang serupa.

Baca Juga: Profil Manuel Locatelli: Bintang Muda Timnas Italia yang Bercita-cita Sebagai Detektif

Melansir Explore Italian Culture, hampir semua orang Italia sangat menyukai lagu kebangsaan mereka dan selalu antusias saat menyanyikannya.

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, makna dari keseluruhan lirik dalam lagu Il Canto degli Italiani memang mengacu ke tekad untuk mengorbankan nyawa demi negara Italia.

Salah satunya yakni lirik yang berbunyi "Stringiamoci a coorte, siam pronti alla morte!" yang berarti "mari bersatu, kami rela mati!"

Atas dasar rasa cinta terhadap lagu kebangsaan dan maknanya itu, pemain Italia kemudian selalu ekspresif ketika menyanyikan lagu Il Canto degli Italiani.

Baca Juga: Patrick Vieira Masih Ragu Timnas Italia Bakal Sukses di Euro 2020

Namun, dalam lagu tersebut terdapat beberapa lirik yang berhubungan dengan zaman perang, sehingga tidak memilik banyak berarti di masa kini, seperti dikutip dari Kompas.com.

Contohnya nama Scipio yang tercantum di sebuah lirik. Dia adalah salah satu jenderal terbesar Romawi yang mengalahkan komandan besar Kartago, Hannibal.

Ringkasnya, secara keseluruhan lagu kebangsaan Italia adalah seruan untuk perang yang dibuat dengan musik menggugah semangat.

Terlepas dari hal tersebut, secara resmi disebut Inno di Mameli atau himne Mameli, sesuai nama penulisnya.

Tapi, nama populisnya adalah Il Canti degli Italiani atau lagu rakyat Italia, dengan bagian yang paling terkenalnya adalah Fratelli d'Italia yang berarti Saudara Italia pada baris pertamanya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x