Kompas TV internasional kompas dunia

Menengok Desain Kapal Pesiar Sains Superyacht 300, Bertenaga Nuklir dan Canggih

Senin, 21 Juni 2021 | 00:20 WIB
menengok-desain-kapal-pesiar-sains-superyacht-300-bertenaga-nuklir-dan-canggih
Purwarupa kapal Superyacht 300. (Sumber: Architectural Digest)

PALMA, KOMPAS.TV - Kapal pesiar sains bertenaga nuklir saat ini sedang dirancang oleh perusahaan arsitek angkatan laut, Iddes Yachts, yang berbasis di Palma De Mallorca, Spanyol.

Kapal bernama Superyacht 300 ini merupakan kapal eksplorasi revolusioner yang dirancang untuk menyelidiki perubahan iklim dan tantangan lain di Bumi.

Menariknya, Superyacht 300 akan dibangun dengan panjang hingga 300 meter atau lebih panjang dari kapal pesiar legendaris, Titanic.

"Kapal ini memiliki ukuran sepanjang lapangan sepak bola," kata pendiri Iddes Yachts, Ivan Salas Jefferson, dikutip dari Architectural Digest, Minggu (20/6/2021).

Baca Juga: Napak Tilas Mayflower, Kapal Robot Mutakhir Ini akan Berlayar Mengarungi Samudra Atlantik

Dengan rencana anggaran senilai USD 700 juta atau setara Rp 10 triliun, kapal ini akan terdiri dari 13 lantai yang mencakup 22 ruang laboratorium canggih di dalamnya.

Sementara dari segi desain, ekterior kapal pesiar canggih ini memiliki tampilan aerodinamis yang sempurna, meski di bagian atasnya justru berbentuk bulat menyerupai Bumi.

Bagian bulat bak bola dunia tersebut kemudian disebut sebagai 'Kota Sains' yang dapat menampung banyak ilmuwan dari berbagai macam bidang.

Tampak depan purwarupa kapal Superyacht 300. (Sumber: Architectural Digest)

"Ketika seseorang melihat bola, kami ingin mereka terinspirasi untuk melindungi Bumi," kata Salas.

"Di dalam bola itu, dapat dirasakan aksi dari semua karya ilmiah yang sedang berlangsung, kami ingin mereka terinspirasi untuk menjadi alkemis solusi global," imbuhnya.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19