Kompas TV internasional kompas dunia

Tegaskan Komitmen untuk Terus Berunding, Taliban Kukuh Sistem Islam Satu-satunya Jalan Afghanistan

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 22:08 WIB
tegaskan-komitmen-untuk-terus-berunding-taliban-kukuh-sistem-islam-satu-satunya-jalan-afghanistan
Taliban menyatakan mereka tetap berkomitmen pada pembicaraan damai tetapi bersikeras bahwa "sistem Islam sejati" di Afghanistan adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri perang dan menjamin hak, termasuk hak perempuan, seperti dilansir France24, Minggu (20/6/2021). (Sumber: AP Photo/Patrick Semansky, Pool)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KABUL, KOMPAS.TV - Taliban menyatakan mereka tetap berkomitmen pada pembicaraan damai tetapi bersikeras bahwa "sistem Islam sejati" di Afghanistan adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri perang dan menjamin hak, termasuk hak perempuan, seperti dilansir France24, Minggu (20/6/2021).

Negosiasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan mandek berbulan-bulan, dan sejak Mei kekerasan meningkat di seluruh negeri saat AS tarik pasukan terakhirnya.

Kekhawatiran juga berkembang bahwa jika Taliban kembali berkuasa, mereka akan menerapkan kembali hukum Islam mereka yang keras, seperti anak perempuan dilarang bersekolah dan perempuan yang dituduh melakukan kejahatan seperti perzinahan dirajam sampai mati di stadion.

Terlepas dari meningkatnya kekerasan, salah satu pendiri dan wakil pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar mengatakan pada hari Minggu kelompok itu berkomitmen untuk pembicaraan damai.

"Partisipasi kami dalam negosiasi ... menunjukkan secara terbuka kami percaya penyelesaian masalah melalui saling memahami," kata Baradar dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Taliban Umumkan Gencatan Senjata Selama Idulfitri, Beberapa Jam Kemudian Bom Meledak, 11 Tewas

Buku milik salah seorang siswi yang menjadi korban tewas dalam serangan bom di sebuah sekolah khusus perempuan di Kabul barat, Afghanistan, Sabtu (8/5/2021). Jumlah korban tewas lebih dari 50 orang yang kebanyakan anak-anak perempuan. (Sumber: AP Photo/Mariam Zuhaib)

Dia mengatakan satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik di Afghanistan adalah dengan membangun sistem Islam setelah kepergian semua pasukan asing.

"Sebuah sistem Islam sejati adalah cara terbaik untuk solusi dari semua masalah Afghanistan," kata Baradar.

Pernyataannya mengakui kekhawatiran yang merebak di Afghanistan dan luar negeri tentang jenis sistem yang akan diterapkan dan dampaknya terhadap perempuan, Baradar mengatakan hal tersebut akan masuk dalam lingkup negosiasi intra atau di dalam Afghanistan sendiri.

Baradar juga meyakinkan hak-hak semua warga Afghanistan, termasuk perempuan, akan diakomodasi dalam sistem itu, yang akan didasarkan pada Islam dan tradisi Afghanistan.

Baca Juga: Kastaf Gabungan AS: Militer Afghanistan Berpeluang Kepayahan Melawan Taliban Sepeninggal Pasukan AS



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x