Kompas TV video cerita indonesia

Kenapa Vaksin Menimbulkan Efek Samping? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 15:01 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program vaksinasi Covid-19 saat ini terus dilakukan untuk mengurangi risiko virus corona. Namun dalam pelaksanaannya, sejumlah orang merasakan efek samping setelah divaksinasi.

Mengapa vaksin menimbulkan efek samping?

Efek samping vaksin adalah kejadian yang normal karena vaksin dibuat untuk memberikan imunitas terhadap suatu penyakit.

Mengalami efek samping ringan berarti sistem imun bereaksi atas vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh. Patogen seperti bakteri, virus, parasit, atau jamur akan masuk ke dalam tubuh membawa bagian bernama antigen.

Antigen ini akan memicu sistem imun tubuh untuk membentuk dua macam antibodi di dalam tubuh. Kemudian antibodi adalah zat yang berfungsi untuk melindungi tubuh dan spesifik melawan satu macam antigen saja. 

Vaksin bekerja dengan memasukkan virus yang dilemahkan atau memasukan materi genetik dari virus Covid-19 agar tubuh mengenali materi ini jika masuk ke dalam tubuh tanpa menyebabkan sakit seperti infeksi Covid-19 pada umumnya.

Jika tubuh mengalami efek samping ringan sampai sedang seperti nyeri otot, demam, dan menggigil, ini adalah proses yang normal. Ini merupakan tanda bahwa sistem imun tubuh sedang bekerja dan bereaksi pada vaksin yang telah dimasukkan ke dalam tubuh.

Namun, jika tidak terjadi efek samping apapun, bukan berarti tubuh tidak merespon vaksinnya. Setiap orang memiliki respon imun yang berbeda-beda sehingga bisa menimbulkan efek samping yang beragam.

Video editor: Lisa

Baca Juga: Vaksin Dinilai Ampuh, 90% Nakes di Kudus Pulih dari Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x