Kompas TV internasional kompas dunia

Empat Singa di Kebun Binatang India Dipastikan Terinfeksi Varian Delta Covid-19

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 17:31 WIB
empat-singa-di-kebun-binatang-india-dipastikan-terinfeksi-varian-delta-covid-19
Sedikitnya empat singa di sebuah kebun binatang di Negara Bagian Tamil Nadu, India selatan, dipastikan terinfeksi varian Delta Covid-19, demikian disampaikan para pejabat setempat pada Sabtu (19/06/2021) seperti dilansir Xinhua, Minggu, (20/06/2021). (Sumber: Press Trust of India)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Sedikitnya empat singa di sebuah kebun binatang di Negara Bagian Tamil Nadu, India selatan, terinfeksi varian Delta Covid-19. Demikian disampaikan para pejabat setempat pada Sabtu (19/06/2021) seperti dilansir Xinhua, Minggu (20/06/2021).

Keempat singa itu menghuni Taman Zoologi Vandalur Arignar Anna di Chennai, ibu kota Tamil Nadu.

Seorang pejabat setempat mengatakan, sembilan singa yang menghuni Taman Zoologi Vandalur Arignar Anna teruji positif Covid-19 pada 3 Juni.

Kemudian, pengurutan genom terhadap sampel dari empat singa dilakukan oleh Dewan Penelitian Pertanian India - Institut Penyakit Hewan Keamanan Tinggi Nasional (Indian Council of Agricultural Research - National Institute of High Security Animal Diseases/ICAR-NIHSAD).

"Berdasarkan laporan hasil pengurutan genom yang dilakukan di NIHSAD, Bhopal, keempat sampel itu terinfeksi varian Delta atau B.1.617.2 Covid-19," papar seorang pejabat.

"Singa-singa itu sedang menjalani perawatan simtomatik yang diberikan sebaik mungkin," sambungnya.

Baca Juga: 28 Gajah di India Jalani Tes Covid-19 Menyusul Kematian Seekor Singa Asiatik Karena Virus Corona

Gerbang depan Kebun Binatang Argnar Anna di Vandalur, Chennai, India, lokasi 4 singa yang tertular Covid-19 varian Delta (Sumber: PTI)

Pada Rabu (16/06/2021), seekor singa jantan berusia 12 tahun di area Safari Singa di taman zoologi yang sama mati akibat Covid-19. Sebelumnya pada 3 Juni, seekor singa betina berusia 9 tahun juga mati akibat penyakit itu.

Pemerintah Tamil Nadu pada Jumat (18/06/2021) membentuk gugus tugas tingkat negara bagian untuk memberikan dukungan dan arahan bagi pihak otoritas mengenai pencegahan dan pengurangan kasus infeksi Covid-19 pada hewan liar.

Termasuk penangkaran di cagar alam harimau, taman nasional, suaka margasatwa, dan hutan cagar alam.

"Gugus tugas tersebut akan melakukan upaya ketat terkait pengawasan penyakit, sistem pemetaan dan pemantauan, vaksinasi, dan departemen penting lain yang relevan, serta merilis laporan berkala," sebut sebuah pernyataan resmi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x