Kompas TV regional kriminal

Detik-Detik Debt Collector Ambil Motor Ibu Rumah Tangga, Paksa Masuk Rumah Saat Pemilik Tak Ada

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 16:01 WIB
detik-detik-debt-collector-ambil-motor-ibu-rumah-tangga-paksa-masuk-rumah-saat-pemilik-tak-ada
Ilustrasi penangkapan (Sumber: Think Stock)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Seorang warga Desa Tanjung Inten, Kecamatan Probolinggo, Lampung Timur, berinisial IS yang berprofesi sebagai debt collector ditangkap polisi.

Pasalnya, pria berusia 41 tahun itu mengambil paksa motor pemilik debitur yang merupakan seorang ibu rumah tangga karena disebut tidak membayar angsuran pinjaman uang.

Baca Juga: Hutang Dan Debt Collector | MELEK HUKUM

Kapolsek Way Bungur, Iptu Riki Setiawan, menjelaskan peristiwa perampasan sepeda motor itu terjadi pada akhir pekan kemarin.

Kejadian berawal saat pelaku IS datang ke rumah debiturnya untuk menagih cicilan angsuran pembelian kendaraan bermotor di Kecamatan Way Bungur.

Saat itu, kata Riki, korban tidak ada di rumah. Pelaku saat itu hanya bertemu dengan anak korban yang masih beruia 15 tahun berinisial FF.

Kepada pelaku IS, FF mengatakan bahwa ibunya sedang tidak ada di rumah. Alih-alih pergi, pelaku justru malah menuduh bahwa anak korban telah berbohong.

Baca Juga: Korban Kejahatan Pinjaman Online Tantang Debt Collector Ketemu, Tapi Ini Jawabannya - ROSI

Alasannya, pelaku melihat sepeda motor sang debitur jenis Honda Beat dengan nomor polisi BE 2827 NHS berada di rumah.

Pelaku yang kadung emosi lantas memaksa masuk ke dalam rumah. Ia kemudian mengambil kunci motor yang ada di atas kulkas dan melarikan motor korban.

"Diduga karena emosi, tersangka ini lalu masuk ke dalam rumah kemudian mengambil kunci kontak yang ada di atas kulkas. Setelah itu, pelaku langsung pergi membawa sepeda motor tersebut," kata Riki dikutip dari Kompas.com pada Minggu (20/6/2021).

Karena kejadian itu, korban yang tak terima langsung ke kantor Polsek Way Bungur. Kepada polisi, korban melaporkan bahwa motornya telah dirampas oleh debt collector.

Baca Juga: Teror Debt Collector Pinjaman Online - ROSI

Polisi yang mendapat laporan itu dari korban, langsung melalukan penyelidikan dan penyidikan. Hasilnya, pelaku berhasil ditangkap di rumahnya.

"Pelaku kami tangkap tanpa perlawanan," ujar Iptu Riki.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga turut mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor milik korban dan sejumlah berkas dokumen.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini pelaku sudah diamankan ke Mapolsek Way Bungur untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Tersangka masih kami periksa dan ditahan di Mapolsek Way Bungur untuk pemeriksaan lanjutan," kata Riki.

Baca Juga: Ini Jejak Mayjen TNI Dudung Abdurachman: Lucuti Baliho FPI hingga Tumpas Premanisme Debt Collector



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x