Kompas TV internasional kompas dunia

Champ, Anjing Gembala Jerman Milik Keluarga Biden, Mati di Usia 13 Tahun

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 02:25 WIB
champ-anjing-gembala-jerman-milik-keluarga-biden-mati-di-usia-13-tahun
Champ, anjing gembala Jerman milik Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, mati di usia 13 tahun. (Sumber: Twitter)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

WILMINGTON, KOMPAS.TV – Champ, anjing keluarga milik Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, mati dengan tenang di kediaman mereka. Berita duka ini diumumkan Biden melalui akun Twitter resmi sang presiden pada Sabtu (19/6/2021).

Melansir Associated Press, anjing gembala Jerman tertua dari dua anjing milik keluarga Biden ini mati di usia 13 tahun.

“Dia adalah pendamping setia kami selama 13 tahun terakhir dan dipuja oleh seluruh keluarga Biden,” kata Biden dan ibu negara Jill Biden dalam pernyataan mereka. Keluarga Biden menghabiskan akhir pekan di kediaman mereka di Wilmington, Delaware, AS.

Baca Juga: Berpisah dari Suaminya yang Selingkuh, Perempuan Australia ini Bawa Anjingnya Keliling Eropa

Keluarga Biden memperoleh Champ dari seorang peternak anjing seusai Biden terpilih sebagai wakil presiden (wapres) pada tahun 2008. Champ ikut pindah mendiami kediaman Biden saat menjabat sebagai wapres di Naval Observatory dan kini di Gedung Putih.

“Dia paling bahagia saat mengejar bola-bola golf di halaman depan Naval Observatory,” kenang keluarga Biden menceritakan Champ saat muda. Dan baru-baru ini, kata keluarga Biden, “Dia juga menikmati bergabung bersama kami untuk menghibur kami dalam aneka pertemuan atau sekadar berjemur di taman Gedung Putih.”

Baca Juga: Mengharukan, Setelah Hilang Selama 5 Tahun, Anjing Ini Kembali ke Pemiliknya

“Di saat-saat paling membahagiakan maupun hari-hari paling menyedihkan kami, dia selalu ada bersama kami, peka pada setiap perasaan dan emosi yang tak terucapkan,” kata Biden.

Kepergian Champ kini membuat keluarga Biden tinggal memiliki seekor anjing gembala Jerman yang lebih muda, Major, yang diadopsi dari Delaware Humane Society pada tahun 2018.

Champ (kanan) dan Major (kiri), kedua anjing gembala Jerman milik keluarga Biden terlihat di Halaman Selatan Gedung Putih, Washington, AS pada 31 Maret 2021. (Sumber: Mandel Ngan/Pool via AP, File)

Keluarga Biden kerap terlihat berjalan bersama kedua anjing mereka di halaman selatan Gedung Putih. Kedua anjing itu juga terkadang bergabung bersama sang presiden dalam perjalanan-perjalanannya ke Camp David atau ke rumah mereka di Delaware.

Di masa lalu, Major sempat menghiasi pemberitaan utama media di AS akibat perilakunya yang buruk. Major sempat menyebabkan Biden mengalami cedera kaki pada November, setelah sang kandidat presiden (ketika itu) tersandung Major saat tengah bermain.

Baca Juga: Gigitan Anjing Milik Joe Biden Membuat Anggota Secret Service Terluka

Pada satu titik, Major dan Champ terpaksa dibawa pulang kembali ke rumah keluarga Biden di Delaware. Di sana, Major menjalani pelatihan bagi anjing setelah ia terlibat dalam insiden penggigitan selama dua kali di Gedung Putih.

Penemuan kotoran anjing di satu lorong di Gedung Putih juga memicu pemulangan kedua anjing gembala Jerman itu. Dibandingkan dengan Major, Champ terbilang lebih tenang.

Selama beberapa bulan belakangan, Champ menunjukkan tanda-tanda penuaannya pada bulu-bulunya yang memutih dan gerakan yang melamban. Mengutip Wikipedia, usia harapan hidup seekor anjing gembala Jerman berkisar antara 9 hingga 13 tahun.

Setelah kematian Champ, keluarga Biden diperkirakan akan mengadopsi seekor kucing dan membawanya bergabung di Gedung Putih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.