Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Ini, 20 Juni jadi Hari Ayah Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

Minggu, 20 Juni 2021 | 05:45 WIB
hari-ini-20-juni-jadi-hari-ayah-sedunia-bagaimana-sejarahnya
Ilustrasi seorang ayah bermain dengan anaknnya untuk menggambarkan Hari Ayah Sedunia yang jatuh pada hari ini, Minggu (20/6/2021). (Sumber: shutterstock via Kompas.com)

SOLO, KOMPAS.TV- Setiap tanggal 20 Juni selalu diperingati Hari Ayah Sedunia. Father's Day atau Hari Ayah Sedunia adalah hari untuk menghormati bapak dan kontribusi ayah dalam masyarakat, baik ayah kandung, ayah tiri, ayah angkat, kakek, dan kakek buyut.

Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hari Ayah Sedunia ini?

Melansir laman Live Science, peringatan Hari Ayah Sedunia bermula ketika seorang wanita muda bernama Sonora Smart Dodd dari Spokane ingin menghormati ayahnya.

Pada Mei 1909, Dodd duduk di gereja mendengarkan khotbah soal Hari Ibu. Dari situ, ia memutuskan ingin memberikan satu hari untuk ayahnya, William Jackson Smart.

Baca Juga: Memperingati Hari Ayah Nasional 12 November 2020

Ibu Dodd meninggal saat melahirkan, dan ayah Dodd, seorang veteran Perang Sipil, telah mengambil tanggung jawab sendirian membesarkan bayi yang baru lahir dan kelima anaknya yang lain.

Tahun berikutnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah pada tanggal 5 Juni, tepat pada ulang tahun ayahnya, dan mengajukan petisi agar liburan tersebut diakui di kotanya.

Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:24
MENPAREKRAF SANDIAGA UNO BERHARAP DANA HIBAH PARIWISATA 2021 DAPAT DIDISTRIBUSIKAN DALAM 2-3 BULAN MENDATANG   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO SEBUT DANA HIBAH PARIWISATA 2021 SEBESAR RP 3,7 T MASIH DALAM PROSES FINALISASI   SURAT KETERANGAN HASIL NEGATIF TES USAP PCR HARUS DILENGKAPI DENGAN "BARCODE/QR CODE"   CALON PENUMPANG PESAWAT TUJUAN BALI WAJIB TES PCR 2X24 JAM SEBELUM KEBERANGKATAN   KABUPATEN BANYUWANGI, JAWA TIMUR, MASUK ZONA MERAH COVID-19   SATGAS COVID-19 KOTA KEDIRI: SELAMA PANDEMI, 45 ANAK-ANAK DI KOTA KEDIRI POSITIF TERJANGKIT COVID-19   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA BUPATI DAN WALI KOTA AKTIFKAN "HOTLINE" INFORMASI PENANGANAN COVID-19   25 KABUPATEN/KOTA DI JAWA TENGAH MASUK ZONA MERAH COVID-19   SEBANYAK 58 PEGAWAI PABRIK KERAJINAN BAMBU DI SLEMAN, YOGYAKARTA, POSITIF COVID-19   WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA TANGSEL DILARANG BEKERJA DARI KANTOR SETELAH SEJUMLAH PEGAWAI POSITIF COVID-19   SATGAS COVID-19 TEGASKAN KEBERHASILAN PENGENDALIAN LONJAKAN KASUS TERGANTUNG KESIAPAN DAERAH   KEMENKES IMBAU MASYARAKAT DENGAN MOBILITAS TINGGI TETAP MENGGUNAKAN MASKER DI DALAM RUMAH   KEMENAG AKAN GELAR SIDANG ISBAT TENTUKAN HARI RAYA IDUL ADHA PADA HARI SABTU, 10 JULI 2021   TNI AL KERAHKAN KRI RIGEL-933 DAN KRI SOPUTAN-923 BANTU SAR KMP YUNICE YANG TENGGELAM DI SELAT BALI