Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tembus, Kopi Arabika Gayo Jadi Pemasok Kopi di Coffee Shop Starbucks

Sabtu, 19 Juni 2021 | 22:17 WIB
tembus-kopi-arabika-gayo-jadi-pemasok-kopi-di-coffee-shop-starbucks
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kanan) menggenggam sejumlah butir biji kopi arabika Gayo di Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan, Takengon, Aceh Tengah, Kamis (17/6/2021). (Sumber: ARSI{P KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM )

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kopi arabika Gayo menjadi salah satu komoditas unggulan asli daerah Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, yang menjadi pemasok kopi bagi perusahaan kopi dunia asal Amerika Serikat, Starbucks.

Ekspor kopi Gayo ini dilakukan sepenuhnya oleh Koperasi BQ Baburayyan. Koperasi ini merupakan satu-satunya koperasi yang memiliki akses langsung penjualan kopi ke Starbucks tanpa melalui calo atau agen.

Ketua Koperasi BQ Baburrayyan, Rizwan Husni mengatakan, koperasi ini telah memiliki total anggota sebanyak 4.260 petani kopi yang memiliki sertifikasi kebun kopi organik dengan luas lahan 5.590 hektare.

Sejauh ini, Koperasi BQ Baburrayyan 100 persen membeli kopi langsung dari petani. Sekitar 85 persen dijual untuk kualitas pasar ekspor, sedangkan 15 persennya dipasarkan di dalam negeri.

Lebih lanjut, Rizwan mengatakan bahwa Starbucks menjadi pasar terbesar untuk komoditas kopi yang memiliki sekitar 33.000 gerai di seluruh dunia.

Baca Juga: Kopi Arabika Gayo Diekspor ke AS dan Eropa, Nilai Ekspor Mencapai Rp24,1 Miliar

”Kami menjadi satu-satunya koperasi yang memiliki akses langsung penjualan ke Starbucks. Kontrak kerja kami langsung dengan Starbucks,” kata Rizwan, dilansir dari Kompas.id, Sabtu (19/6/2021).

Bahkan, baru-baru ini, Starbucks membuka gerai eksklusifnya di Medan, Sumatera Utara, setelah Bali. Baburayyan juga memasok kopi gerai eksklusif tersebut di Medan.

”Mereka survei sendiri lokasi dan kualitas kopinya. Alhamdulillah, produk kami disukai,” kata Rizwan.

Koperasi Baburayyan selama ini telah menyuplai kopi ke gerai Starbucks Reserve dan dikirim sebanyak 2.280 kilogram ke Yokohama (Jepang), 10.500 kilogram ke Shanghai (China), 8.400 kilogram ke AS, dan 2.820 kilogram ke Hamburg (Jerman).

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19