Kompas TV nasional kesehatan

Kemenkes Minta Bodetabek dan Bandung Raya Percepat Vaksinasi Covid-19 untuk Usia 18 ke Atas

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 20:05 WIB
kemenkes-minta-bodetabek-dan-bandung-raya-percepat-vaksinasi-covid-19-untuk-usia-18-ke-atas
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan warga Jakarta usia 18 tahun ke atas (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit meminta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di wilayah Bogor, Depok, Tangerang Raya, Bekasi (Bodetabek) dan Bandung Raya mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi penduduk berusia di atas 18 tahun.

Permintaan tersebut sebagai respons atas peningkatan kasus yang terjadi di Bodetabek dan Bandung Raya dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

Melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, berdasarkan data per satu minggu terakhir, pemerintah mencatat kasus Covid-19 di DKI Jakarta meningkat sekitar 134%, Jawa Barat 24% dan Banten sebesar 87%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan minggu sebelumnya.

"Keadaan ini tentu menimbulkan kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus yang kian besar. Sebab hingga saat ini tingkat penularan di wilayah tersebut masih sangat tinggi," terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, drg Widyawati melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga: Atasi Covid-19, Kemenkes: Harus Selesaikan di Hulunya bukan Hilirnya | ROSI

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui percepatan vaksinasi ini diharapkan juga mempercepat tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangganya.

Selain itu, Kemenkes juga menekankan bahwa pada pelaksanaannya harus memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan.

Lalu kepada penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan, kelompok masyarakat lansia, petugas pelayanan publik dan masyarakat rentan lainnya (masyarakat di daerah kumuh, serta orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang belum mendapatkan vaksinasi maupun yang belum lengkap vaksinasinya.

Untuk teknis pelaksanaan vaksinasi, kata Widyawati, dapat menyesuaikan dengan mekanisme dan kebijakan yang telah dilaksanakan di Jawa Barat dan Banten.

Di akhir, Widyawati kembali mengimbau pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten untuk segera melakukan koordinasi dan kerja sama dengan TNI, POLRI, komunitas, organisasi lokal, organisasi keagamaan dan pihak swasta dalam mendukung capaian target vaksinasi Covid-19 di wilayah masing-masing.

Baca Juga: 5.000 Warga Bandung Raya Ikuti Vaksinasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.