Kompas TV nasional update corona

Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito Terpapar Covid-19 Usai Tinjau Daerah Kudus dan Bangkalan

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 19:49 WIB
jubir-satgas-covid-19-wiku-adisasmito-terpapar-covid-19-usai-tinjau-daerah-kudus-dan-bangkalan
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 secara online di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/10/2020) (Sumber: Dok. Covid19.go.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengonfirmasi bahwa dirinya terpapar virus corona.

Wiku Adisasmito menjelaskan kemungkinan besar dirinya terpapar Covid-19 melalui aktivitas kunjungan kerja dua pekan terakhir ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus. Seperti Kudus dan Bangkalan.

Wiku yang juga Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 ini menyatakan saat ini kondisi fisik dalam keadaan baik dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Harap Waspada! Varian Baru Covid-19 Asal India Mendominasi Jakarta, Kudus, Bangkalan

“Seperti yang saya sampaikan, saya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan,” ujarnya saat jumpa pers, Sabtu (19/6/2021).

Wiku menambahkan awalnya pada Jumat (18/6/2021) hasil tes antigen menyatakan dirinya negatif. Namun untuk memastikan, Wiku melakukan tes swab PCR dan hasil yang diterima hari ini, Sabtu (19/6/2021) yakni positif Covid-19.

Untuk mencegah penularan semakin berkembang, Wiku meminta pihak-pihak yang kontak erat dengan dirinya untuk melakukan tes antigen. Hal ini juga bagian dari protokol kesehatan, testing dan juga tracing.

Wiku juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga: Peneliti UGM Temukan Covid-19 Varian Delta dari Kudus

Ia mengingatkan, siapapun dapat tertular Covid-19 dan hanya dengan disiplin menjalankan  protokol kesehatan, maka kita dapat mencegah diri dari penularan Covid-19.

“Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh tim Satgas  Penanganan Covid-19, BNPB, KPC-PEN, dan rekan-rekan media. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x