Kompas TV internasional kompas dunia

A Retrospecstive: Napak Tilas Seniman Kontemporer Jepang Yayoi Kusama

Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:41 WIB
a-retrospecstive-napak-tilas-seniman-kontemporer-jepang-yayoi-kusama
Pameran seni Yayoi Kusama: A Retrospective yang digelar di Gropius Bau, Berlin, Jerman. (Sumber: Luca Girardini via Artnet News)

BERLIN, KOMPAS.TV - Seniman kontemporer tersohor dari Jepang, Yayoi Kusama, kembali memanjakan mata penikmat seni dunia lewat pameran terbarunya, A Retrospecstive.

Berlokasi di Gropius Bau, Berlin, Jerman, pameran Yayoi kali ini mengambil tema 'A Bouquet of Love I Saw in the Universe' dan didapuk menjadi yang terbesar di Eropa sepanjang kariernya.

Sudah dibuka sejak 23 April 2021 lalu, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai instalasi seni Yayoi, yang identik dengan aksen polkadot dan halusinasi, hingga 15 Agustus mendatang.

Baca Juga: Menginjak Tahun Ketiga, Carta Laminates Gelar Pameran Seni Bertajuk Unity through Creativity

Melansir dari Artnet News, pada bagian pembuka pameran tersebut, Yayoi mencoba mengajak pengunjung untuk dapat melihat dan menikmati hasil karyanya secara kronologis.

Mulai dari masa kecilnya di Matsumoto, Jepang tempat pertama kali ia mengadakan pertunjukan seni, hingga hasil karya terbarunya termasuk Infinity Mirror.

Jika dibandingkan dengan kreasinya kini, karya-karya Yayoi di masa muda cenderung penuh dengan suasana yang lebih suram dan redup.

Pengunjung berjalan melewati instalasi seni karya seniman kontemporer Jepang, Yayoi Kusama dalam pamerannya, A Retrospecstive di Gropius Bau, Berlin, Jerman, Selasa (19/5/2021). (Sumber: AFP/John Macdougall)

Baca Juga: Menyimpan Ribuan Lukisan Edvard Munch, Museum Baru di Oslo, Norwegia akan Dibuka Oktober 2021

Namun, secara jelas, karakteristik dan nada dari karya seni Yayoi masih dapat dilihat di keduanya.

Tiap karya yang dihasilkan Yayoi pun tidak hanya terkenal eksentrik dan menarik, melainkan juga sarat akan makna dan cerita yang beragam.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19