Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Gelar Latihan Militer Jenderal Amerika Serikat Katakan Terorisme Sedang Menyapu Sebagian Afrika

Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:13 WIB
usai-gelar-latihan-militer-jenderal-amerika-serikat-katakan-terorisme-sedang-menyapu-sebagian-afrika
Jenderal Stephen J Townsend, kepala Komando Afrika Amerika Serikat, tengah, tiba bersama Jenderal Belkhir el-Farouk, Kanan, Komandan Zona Selatan Maroko, di sebelah kanannya, untuk menonton latihan skala besar sebagai bagian dari latihan militer Singa Afrika, di Tantan, selatan Agadir, Maroko, Jumat, 18 Juni 2021. (Sumber: AP Photo/Mosaab Elshamy)

TAN-TAN MAROKO, KOMPAS.TV - Seorang jenderal senior AS memperingatkan "api terorisme" sedang menyapu benua Afrika dan membutuhkan perhatian dunia, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (19/06/2021).

Jenderal Stephen J Townsend berbicara pada penutupan latihan perang skala besar pimpinan AS yang diikuti oleh pasukan Amerika, Afrika, dan Eropa.

Latihan perang Singa Afrika, yang berlangsung hampir dua minggu, membentang di Maroko, sekutu utama AS, dengan bagian-bagian yang lebih kecil digelar di Tunisia dan Senegal. Latihan tahunan tahun lalu tidak dilakukan karena pandemi Covid-19.

Jenderal Stephen J Townsend, komandan Komando Tentara AS untuk Afrika memuji hasil yang dicapai dalam operasi bersama itu, tetapi melukiskan gambaran gelap ancaman yang membayangi bagian-bagian Afrika.

"Saya prihatin dengan situasi keamanan di seluruh Afrika, dari wilayah Sahel di barat hingga Tanduk Afrika," ucap Townsend mengatakan kepada wartawan.

Dia mencatat serangan mematikan oleh al-Qaida dan jihadis terkait ISIS dan al-Shabab. "Semuanya sedang bergerak," katanya.

Negara-negara Afrika membantu menghadapi ancaman itu, tetapi, ia menambahkan, "Semua itu tampaknya tidak cukup untuk menghentikan apa yang saya sebut ... api terorisme yang melanda wilayah itu."

Baca Juga: PBB Mengutuk Serangan Kelompok Bersenjata Burkina Faso yang Tewaskan 160 Orang

Pasukan Perdamaian Uni Afrika dari Rwanda menahan perusuh di Republik Afrika Tengah tahun 2017 (Sumber: AP Photo)

Latihan militer Singa Afrika melibatkan lebih dari 7.000 tentara dari tujuh negara dan kekuatan NATO melakukan latihan udara, darat dan laut bersama-sama.

“(Latihan) ini membantu interoperabilitas kita, kemampuan bersama kita, dan memberikan kesiapan dan peluang bagus untuk membangun kohesi di seluruh pasukan,” kata Mayor Jenderal Andrew Rohling, Komandan Satuan Tugas Eropa Selatan Amerika Serikat untuk Afrika. Dia berbicara pada hari Jumat di kota gurun Tan-Tan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:34
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19