Kompas TV nasional peristiwa

Tarik Rem Darurat, Pemkot Bogor Terapkan Gage dan Tutup Tol

Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:47 WIB
tarik-rem-darurat-pemkot-bogor-terapkan-gage-dan-tutup-tol
Pos pemeriksaan ganjil genap di Pertigaan Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat. (Sumber: Diana Valencia/ Kompas TV)

BOGOR, KOMPAS.TV - Melonjaknya kasus Covid-19 dalam seminggu terakhir, Pemerintah Kota Bogor resmi menarik kebijakan rem darurat dengan menerapkan kebijakan ganjil genap bagi kendaraan lokal dan wisatawan.

Kebijakan ini berlaku pada pukul 10.00 sampai 16.00 khusus di hari Sabtu ini (19/06/2021) dan Minggu (20/06/2021).

Kebijakan ganjil genap bukan kali pertama dilakukan di Kota Bogor. Setidaknya sudah dua kali yakni pada Maret dan Mei lalu, pemerintah menilai perlu adanya pembatasan laju mobilitas warga lokal dan wisatawan di Kota Bogor terutama di akhir pekan.

Kebijakan ini pun berlaku bagi kendaraan roda dua dan empat. Kendaraan yang tak sesuai tanggal pun akan dikenakan sanksi pemutarbalikkan.

Baca Juga: Pemkot Bogor Berlakukan Aturan Ganjil Genap Tiap Akhir Pekan

Ada lima lokasi pemilahan kendaraan yang boleh melintas selama pemberlakuan kebijakan ganjil genap ini. Lima lokasi itu adalah pertigaan Baranangsiang (akses keluar-masuk tol Jagorawi), ruas Jalan Padjadjaran, sekitar bundaran air mancur, Jembatan Merah, serta Jalan Empang.

Di setiap titik pemeriksaan, ada 30 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub yang akan membantu memilah kendaraan berpelat sesuai dengan tanggal.

"Kendaraan akan dipilah sesuai dengan tanggal. Kendaraan darurat, seperti ojek online, ambulans masih diperbolehkan. Alasan-alasan khusus seperti ke rumah sakit itu juga diperbolehkan. Ada tim mobile juga untuk memantau tempat wisata, kuliner yang mengingatkan warga soal prokes," ujar Kapolresta Bogor Kombes Susatyo Purnomo Condro kala ditemui di titik pemeriksaan Baranangsiang, Sabtu (19/6/2021).

Pukul 10 pagi dan 4 sore dinilai jadi waktu favorit wisatawan berkunjung ke kawasan Kota Bogor dan juga waktu sibuk masyarakat lokal. Maka, penentuan kebijakan ganjil genap diberlakukan dalam kurun enam jam ini.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya tak menampik akan adanya evaluasi lebih lanjut terkait jam dan durasi kebijakan ini, termasuk kemungkinan pemberlakuannya di akhir pekan depan.

Penulis : Diana Valencia | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19