Kompas TV tekno internet

Samsung Mulai Uji Coba Jaringan 6G, Kecepatan Unduh Tembus 6,2 Gbps

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 12:13 WIB
samsung-mulai-uji-coba-jaringan-6g-kecepatan-unduh-tembus-6-2-gbps
Ilustrasi: pabrik Samsung. (Sumber: Samsung)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Samsung mulai melakukan uji coba prototipe jaringan 6G dalam ajang konferensi komunikasi internasional (ICC) IEEE 2021 yang bekerja sama dengan University of California, Santa Barbara (UCSB), Rabu (16/06/2021) kemarin.

Uji coba prototipe jaringan 6G yang menggunakan spektrum frekuensi Terahertz (THz) dalam frekuensi 140 Ghz ini mampu menghasilkan kecepatan unduh mencapai 6,2 Gbps (gigabit per second) pada jarak 15 meter.

Kecepatan puncak yang dapat 6G hasilkan, jelas pihak Samsung, merupakan 50 kali lebih cepat dari 5G dan latensi yang semakin sedikit.

Baca Juga: Huawei Bakal Luncurkan 6G, Lebih Cepat 50 Kali Lipat dari 5G

"Kecepatan data puncak 6G bisa 50 kali lebih cepat dari 5G dan latensi over-the-air (OTA) berpotensi dikurangi menjadi sepersepuluh," jelas Samsung, dalam rilisnya.

Seperti diberitakan dari Kompas.com, Jumat (18/06/2021), spektrum frekuensi THz menjadi salah satu teknologi yang akan digunakan oleh perusahaan itu.

Besoknya frekuensi THz ini dapat dimanfaatkan oleh penyedia layanan internet 6G untuk menyediakan kecepatan hingga terabit per detik (Tbps).

Pasalnya ketersediaan bandwidth di frekuensi THz yang berada di antara 100 Ghz hingga 1.000 Ghz sangat besar.

Baca Juga: Susul Telkomsel, Indosat Lakukan Uji Laik Operasi 5G

Dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah yang dihasilkan aneka layanan baru seperti hologram 3D di seluler hingga penggunaan teknologi Extended Reality (XR) sangat dimungkinkan.

Samsung menarget dalam rencana 8 tahunan mereka, yakni pada 2020-2028 perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan menghadirkan dan mengembangkan jaringan 6G.

“Peneliti Samsung dan UCSB akan terus mendobrak batas-batas teknologi untuk membawa komunikasi 6G dan THz dekat pada kenyataan,” pungkasnya.

Baca Juga: Smartfren Lakukan Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatan Download Capai 1,8 Gpbs



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.