Kompas TV tekno internet

Samsung Mulai Uji Coba Jaringan 6G, Kecepatan Unduh Tembus 6,2 Gbps

Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:13 WIB
samsung-mulai-uji-coba-jaringan-6g-kecepatan-unduh-tembus-6-2-gbps
Ilustrasi: pabrik Samsung. (Sumber: Samsung)

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Samsung mulai melakukan uji coba prototipe jaringan 6G dalam ajang konferensi komunikasi internasional (ICC) IEEE 2021 yang bekerja sama dengan University of California, Santa Barbara (UCSB), Rabu (16/06/2021) kemarin.

Uji coba prototipe jaringan 6G yang menggunakan spektrum frekuensi Terahertz (THz) dalam frekuensi 140 Ghz ini mampu menghasilkan kecepatan unduh mencapai 6,2 Gbps (gigabit per second) pada jarak 15 meter.

Kecepatan puncak yang dapat 6G hasilkan, jelas pihak Samsung, merupakan 50 kali lebih cepat dari 5G dan latensi yang semakin sedikit.

Baca Juga: Huawei Bakal Luncurkan 6G, Lebih Cepat 50 Kali Lipat dari 5G

"Kecepatan data puncak 6G bisa 50 kali lebih cepat dari 5G dan latensi over-the-air (OTA) berpotensi dikurangi menjadi sepersepuluh," jelas Samsung, dalam rilisnya.

Seperti diberitakan dari Kompas.com, Jumat (18/06/2021), spektrum frekuensi THz menjadi salah satu teknologi yang akan digunakan oleh perusahaan itu.

Besoknya frekuensi THz ini dapat dimanfaatkan oleh penyedia layanan internet 6G untuk menyediakan kecepatan hingga terabit per detik (Tbps).

Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:14
LUHUT BINSAR PANDJAITAN MINTA NTT PERSIAPKAN DIRI SEBAGAI LOKASI "SIDE EVENT" KTT G20 TAHUN 2022   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP KONSUMEN INDONESIA PILIH PRODUK DALAM NEGERI DARI UMKM   MENPAN RB SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH DAN KANTOR KE MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA   KPK SEBUT BELUM MENERIMA LAPORAN HARTA KEKAYAAN PENYELENGGARA NEGARA (LHKPN) KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA   PEMKOT TANGERANG PERPANJANG PPKM BERBASIS MIKRO HINGGA 28 JUNI 2021   LONJAKAN KASUS COVID-19, PBNU MINTA UMAT BERIBADAH DI RUMAH DAN HINDARI KERUMUNAN   KEMENKES PERCEPAT VAKSINASI COVID-19 UNTUK CEGAH PENAMBAHAN KASUS COVID-19 AKIBAT VIRUS KORONA VARIAN DELTA   SATGAS TEGASKAN BIAYA PENANGANAN KIPI AKIBAT VAKSIN COVID-19 DITANGGUNG PEMERINTAH   JUBIR SATGAS: PEMERINTAH BERUPAYAH MELAKSANAKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 SECARA OPTIMAL   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: KORONA VARIAN DELTA BERBAHAYA, UTAMAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN   COVID-19 MELONJAK, JUBIR SATGAS: PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN, KITA TIDAK TAHU DI MANA POTENSI PENULARAN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO INGATKAN MASYARAKAT PERKETAT DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN   KASUS COVID-19 DI KOMPLEKS PARLEMEN MEREBAK, DPR BATASI KEHADIRAN RAPAT DAN TIADAKAN KUNJUNGAN KERJA   SATGAS COVID-19: PEMERINTAH PERCEPAT PROSES "WHOLE GENOME SEQUENCING" PENULARAN COVID-19