Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Perlukah Air Rebusan Mi Instan Diganti Dua Kali? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:52 WIB
perlukah-air-rebusan-mi-instan-diganti-dua-kali-ini-penjelasan-ahli-gizi
Ilustrasi mi instan. (Sumber: Shutterstock)

SOLO, KOMPAS.TV - Sejumlah orang sering kali mengganti air rebusan pertama saat membuat mi instan. Selanjutnya orang tersebut akan merebus kembali air kedua sebagai kuah mi yang akan dihidangkan.

Langkah tersebut dilakukan kerena beberapa orang menganggap air rebusan mi instan berbahaya dan perlu diganti sebelum dihidangkan.

Pasalnya air rebusan mi instan yang berwarna kuning tersebut menghasilkan warna keruh pada kuah.

DR.dr. Tan Shot Yen, M. Hum., dokter dan Ahli Gizi Masyarakat menjelaskan, air rebusan pertama pada mi instan yang berwarna keruh tak membahayakan. Lebih lanjut, air tersebut bisa langsung dikonsumsi bersama mi instan.

Baca Juga: Makan Sahur dengan Mi Instan, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

"Semua isi yang sudah masuk kemasan makanan dan teregister BPOM itu artinya sudah aman dan higienis menurut standar," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (19/06/2021).

Tan menjelaskan terkait perlu mengganti air rebusan mi instan atau tidak, konsumen cukup mengikuti petunjuk masak mi yang tertera dalam kemasan. Pasalnya tak ada aturan khusus untuk mengganti air rebusan mi instan.

Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:54
LUHUT BINSAR PANDJAITAN MINTA NTT PERSIAPKAN DIRI SEBAGAI LOKASI "SIDE EVENT" KTT G20 TAHUN 2022   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP KONSUMEN INDONESIA PILIH PRODUK DALAM NEGERI DARI UMKM   MENPAN RB SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH DAN KANTOR KE MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA   KPK SEBUT BELUM MENERIMA LAPORAN HARTA KEKAYAAN PENYELENGGARA NEGARA (LHKPN) KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA   PEMKOT TANGERANG PERPANJANG PPKM BERBASIS MIKRO HINGGA 28 JUNI 2021   LONJAKAN KASUS COVID-19, PBNU MINTA UMAT BERIBADAH DI RUMAH DAN HINDARI KERUMUNAN   KEMENKES PERCEPAT VAKSINASI COVID-19 UNTUK CEGAH PENAMBAHAN KASUS COVID-19 AKIBAT VIRUS KORONA VARIAN DELTA   SATGAS TEGASKAN BIAYA PENANGANAN KIPI AKIBAT VAKSIN COVID-19 DITANGGUNG PEMERINTAH   JUBIR SATGAS: PEMERINTAH BERUPAYAH MELAKSANAKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 SECARA OPTIMAL   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: KORONA VARIAN DELTA BERBAHAYA, UTAMAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN   COVID-19 MELONJAK, JUBIR SATGAS: PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN, KITA TIDAK TAHU DI MANA POTENSI PENULARAN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO INGATKAN MASYARAKAT PERKETAT DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN   KASUS COVID-19 DI KOMPLEKS PARLEMEN MEREBAK, DPR BATASI KEHADIRAN RAPAT DAN TIADAKAN KUNJUNGAN KERJA   SATGAS COVID-19: PEMERINTAH PERCEPAT PROSES "WHOLE GENOME SEQUENCING" PENULARAN COVID-19