Kompas TV regional update corona

Sultan HB X Bakal Lakukan Lockdown, Wawali Kota Yogyakarta: Ini Palu Gada Terakhir Tekan Covid-19

Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:18 WIB
sultan-hb-x-bakal-lakukan-lockdown-wawali-kota-yogyakarta-ini-palu-gada-terakhir-tekan-covid-19
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. (Sumber: Tribun Jogja/ Rizki Halim)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Peluang lockdown atau karantina wilayah, baru saja disebut oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono (HB) X, guna mengantisipasi ledakan kasus Covid-19 yang terus meningkat belakangan ini, khususnya di Kota Pelajar tersebut. 

Menanggapi itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa tiap kepala daerah memiliki opsi kebijakan terkait strategi untuk menangani pandemi Covid-19, termasuk Sultan HB X.

"Apa yang disampaikan oleh Ngarsa Dalem adalah opsi yang dipilih ketika semua kebijakan (sebelumnya) yang telah digunakan untuk meredakan sebaran Covid-19 sudah tidak efektif lagi. Maka menggunakan palu gada akhir, yaitu lockdown," ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga: Ledakan Kasus Covid-19 di DIY, Sultan HB X Buka Peluang Lockdown

Menurut Heroe, sudah menjadi langkah yang tepat untuk memberlakukan kebijakan lockdown, apabila mengingat kasus Covid-19 terus meningkat dan kapasitas rumah sakit pun semakin tidak mencukupi.

Sebab, Heroe merasa, semua upaya yang telah diambil untuk mengatasi pandemi nyatanya tidak memberi hasil yang optimal hingga banyak kasus masih terus berkembang.

Contohnya, sosialisasi dan penindakan terhadap masyarakat terkait protokol kesehatan (prokes) sampai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang masih diabaikan.

"Protokol kesehatan mutlak harus dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Diperlukan kesadaran dan kesungguhan massal untuk melaksanakan hal tersebut," tegas Heroe.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Naik di Yogyakarta, Sri Sultan HB X Kembali Tegaskan: Corona Itu Nyata!

Berdasarkan Bed Occupancy Rate (BOR) Kota Yogyakarta terakhir, penggunaan kamar ICU sudah mencapai 85 persen, sementara untuk kamar isolasi 69 persen.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Sorotan: Jakarta Terancam Tenggelam?

Minggu, 1 Agustus 2021 | 03:49 WIB
Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:51
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19