Kompas TV internasional kompas dunia

Kanada Sarankan Warga Penerima Vaksinasi AstraZeneca Ambil Vaksin mRNA di Suntikan Kedua

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 04:30 WIB
kanada-sarankan-warga-penerima-vaksinasi-astrazeneca-ambil-vaksin-mrna-di-suntikan-kedua
Orang-orang mendaftarkan diri untuk menerima vaksin Covid-19 di luar klinik vaksinasi di Toronto, Kanada, pada 26 Mei 2021. (Sumber: Xinhua/Zou Zheng)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

OTTAWA, KOMPAS.TV - Komite Penasihat Nasional untuk Imunisasi (National Advisory Committee on Immunization/NACI) Kanada merekomendasikan warga Kanada yang menerima suntikan pertama vaksin AstraZeneca agar mendapatkan vaksin Pfizer atau Moderna untuk suntikan kedua vaksin Covid-19 mereka.

Melansir Xinhua, Jum'at (18/6/2021), pada 1 Juni, NACI mengatakan penerima AstraZeneca dapat memilih untuk mendapatkan dosis kedua dari vaksin yang sama atau vaksin mRNA.

Namun dalam panduan baru yang dirilis Kamis (17/6/2021), NACI mengatakan Pfizer atau Moderna kini "lebih disukai" sebagai dosis kedua. 

"Vaksin mRNA kini lebih disukai sebagai dosis kedua bagi mereka yang telah menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca/COVISHIELD, berdasarkan bukti yang muncul tentang potensi respons imun yang lebih baik dari jadwal vaksin kombinasi ini," kata NACI dalam sebuah pernyataan pada Kamis sore.

Rekomendasi baru ini didasarkan pada bukti yang berkembang bahwa dosis kedua dari vaksin mRNA menghasilkan respons imun yang lebih kuat, dan karena risiko yang serius namun rendah dari pembekuan darah akibat vaksin yang terkait dengan AstraZeneca.

Ini bukan berarti orang-orang tidak dapat memilih AstraZeneca jika mereka menginginkannya, atau jika mereka alergi terhadap vaksin mRNA.

Baca Juga: Kanada Beri Penghormatan Bagi Keluarga Muslim Korban Serangan Kebencian yang Tewas Dilindas Truk

Warga Kanada mendaftar untuk mendapat vaksinasi Covid-19 (Sumber: Xinhua/Zou Zheng)

"Orang yang menerima dua dosis vaksin AstraZeneca/COVISHIELD dapat yakin vaksin tersebut memberikan perlindungan yang baik terhadap infeksi dan perlindungan yang sangat baik terhadap penyakit parah dan rawat inap," kata NACI dalam pernyataannya.

Hingga 5 Juni, tercatat 2,1 juta warga Kanada telah menerima satu dosis AstraZeneca dan 15.186 orang menerima dua dosis.

Dikatakan NACI, warga Kanada dapat dengan mudah beralih ke kampanye imunisasi berbasis mRNA karena Kanada siap menerima sejumlah besar dosis dari Pfizer dan Moderna dalam beberapa pekan mendatang, dengan tambahan 14 juta dosis yang akan tiba bulan ini.

NACI juga mengatakan bukti yang muncul dari beberapa penelitian di Jerman menunjukkan kombinasi satu dosis AstraZeneca dengan dosis kedua dari vaksin Pfizer sebenarnya dapat menghasilkan "potensi respons kekebalan yang lebih baik, termasuk terhadap varian yang menjadi perhatian" dibandingkan dua dosis AstraZeneca saja.

"Bukti terus menunjukkan dosis pertama dari vaksin AstraZeneca diikuti dengan dosis kedua dari vaksin mRNA Pfizer-BioNTech memiliki profil keamanan yang baik," kata NACI.

NACI juga merekomendasikan agar penerima mRNA menerima suntikan kedua dari produk apa pun yang mereka terima terlebih dahulu. Inokulasi kedua harus sesuai dengan yang pertama kecuali jika "produk yang sama tidak tersedia, atau produk yang digunakan untuk dosis pertama tidak diketahui."

NACI menambahkan dua produk mRNA dapat dianggap bisa saling menggantikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.