Kompas TV nasional kesehatan

Apa Penyebab Katarak pada Mata?

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 22:48 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Sobat sehat, penyakit katarak identik dengan gangguan pada penglihatan mata, yang kerap dialami pada usia senja.

Namun tidak hanya pada usia senja, penyakit katarak juga dapat menyerang usia muda. 

Namun penyakit katarak yang biasanya di alami pada usia muda, memiliki faktor yang berbeda, dengan penyakit yang dialami oleh usia senja.

Pada daerah tropis yang kaya akan sinar ultra violet dari matahari merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya gangguan pada mata.

Selain itu beberapa faktor lain dari penyakit katarak yang dapat dialami pada usia muda adalah konsumsumsi obat obatan, khususnya steroid. Dan faktor lainnya, seperti trauma dan kecelakaan.

Penyakit katarak , umumnya dapat terbentuk pada salah satu mata saja , atau bisa juga keduanya. Pada awalnya gejala yang muncul biasanya tidak begitu terasa,  namun seiring berjalannya waktu, katarak dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, bahkan dapat mengakibatkan kebutaan.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai katarak ada beberapa gejala awal yang menjadi penyebab penyakit katarak.

Di antaranya adalah pandangan mata menjadi buram. Sensitifitas mata terhadap cahaya atau sinar menjadi tinggi. Penglihatan menjadi ganda . Lemahnya penglihatan pada malam hari dan warna disekitar telihat memudar.

Gejala dari penyakit katarak yang dialami dapat terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan, sehingga lensa mata menjadi keruh dan sulit ditembus cahaya.

Apabila ini terjadi, sobat sehat diharapkan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mandapat diagnosa yang pasti.

Apabila katark sudah dialami umumnya pengobatan yang dilakukan adalah dengan operasi.

Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan sejak dini agar kita dapat terhindar dari penyakit katarak. Temukan jawabannya di Ayo Sehat.

Video ini tayang pada tanggal 25 Maret 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x