Kompas TV regional kesehatan

Vaksin Ampuh, 90% Nakes di Kudus Pulih dari Covid-19

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 19:18 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kondisi tenaga kesehatan di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar covid-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini telah berangsur pulih.

Pada 12 Juni 2021 lalu, 308 nakes terkonfirmasi positif covid-19, 277 tenaga kesehatan dalam perawatan isolasi mandiri dan 193 lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Namun, hingga Kamis 17 Juni menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo mengatakan sekitar 90% tenaga kesehatan di Kabupaten Kudus telah sembuh dari covid-19.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Bagi Warga Kudus Terus Diupayakan

Jumlah tenaga kesehatan di Kudus sendiri saat ini mencapai kurang lebih 6.000 tenaga kesehatan. 

Sebelumnya, Tim peneliti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyebut dari 34 sampel yang diperiksa, 28 sampel di antaranya terkofirmasi Covid-19 Varian Delta dan mungkin sudah terjadi transmisi lokal.

Varian ini disebut lebih berbahaya dibandingkan virus varian sebelumnya, karena kemampuan penularannya yang lebih cepat.

Baca Juga: Harap Waspada! Varian Baru Covid-19 Asal India Mendominasi Jakarta, Kudus, Bangkalan

“UGM diberi amanah oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian sampel dari Kudus karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang drastis. Karena salah satu ciri khas variannya yakni penularannya sangat cepat, sehingga dengan melihat jumlah lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus merupakan ciri khas karakteristik sehingga diberi amanah untuk membantu melakukan penelitian. Dari hasil yang dilakukan analisis dari 34 sampel virus didapatkan 28 sampel teridentifikasi sebagai Varian Delta,” kata Gunadi, Ketua Tim Peneliti UGM.

Covid-19 Varian Delta memiliki kemampuan transmisi atau penularan Covid-19 yang lebih menular dan dapat mempengaruhi imunitas atau sistem kekebalan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x