Kompas TV regional kesehatan

Vaksin Ampuh, 90% Nakes di Kudus Pulih dari Covid-19

Jumat, 18 Juni 2021 | 19:18 WIB

KOMPAS.TV - Kondisi tenaga kesehatan di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar covid-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini telah berangsur pulih.

Pada 12 Juni 2021 lalu, 308 nakes terkonfirmasi positif covid-19, 277 tenaga kesehatan dalam perawatan isolasi mandiri dan 193 lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Namun, hingga Kamis 17 Juni menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo mengatakan sekitar 90% tenaga kesehatan di Kabupaten Kudus telah sembuh dari covid-19.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Bagi Warga Kudus Terus Diupayakan

Jumlah tenaga kesehatan di Kudus sendiri saat ini mencapai kurang lebih 6.000 tenaga kesehatan. 

Sebelumnya, Tim peneliti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyebut dari 34 sampel yang diperiksa, 28 sampel di antaranya terkofirmasi Covid-19 Varian Delta dan mungkin sudah terjadi transmisi lokal.

Varian ini disebut lebih berbahaya dibandingkan virus varian sebelumnya, karena kemampuan penularannya yang lebih cepat.

Baca Juga: Harap Waspada! Varian Baru Covid-19 Asal India Mendominasi Jakarta, Kudus, Bangkalan

“UGM diberi amanah oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian sampel dari Kudus karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang drastis. Karena salah satu ciri khas variannya yakni penularannya sangat cepat, sehingga dengan melihat jumlah lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus merupakan ciri khas karakteristik sehingga diberi amanah untuk membantu melakukan penelitian. Dari hasil yang dilakukan analisis dari 34 sampel virus didapatkan 28 sampel teridentifikasi sebagai Varian Delta,” kata Gunadi, Ketua Tim Peneliti UGM.

Covid-19 Varian Delta memiliki kemampuan transmisi atau penularan Covid-19 yang lebih menular dan dapat mempengaruhi imunitas atau sistem kekebalan.

Penulis : Luthfan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


SINAU

Jangan Lengan dengan Demam Berdarah

Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:11 WIB
SINAU

Fakta Lolongan Anjing

Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:49
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19