Kompas TV regional sosial

Sembuh dari Covid-19, Para Nakes di Kudus Kembali Layani Masyarakat

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 22:45 WIB
sembuh-dari-covid-19-para-nakes-di-kudus-kembali-layani-masyarakat
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.  (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo mengungkapkan 90 persen tenaga kesehatan (Nakes) di wilayah setempat telah sembuh dari Covid-19. Para nakes telah kembali ke tugas mulianya melayani masyarakat.

"Pada Kamis (17/6/2021), Nakes yang isolasi mandiri sudah bisa mulai masuk kerja dan kembali melayani masyarakat. Ini sebuah berita yang menggembirakan,'' kata Badai dikutip dari laman Kemenkes, Jumat (18/6/2021). 

Badai menuturkan vaksin Covid-19 dinilai efektif dalam memberikan perlindungan kepada para tenaga kesehatan (Nakes) di Kudus.

"Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa vaksin yang diberikan kepada mereka benar-benar efektif melindungi dari kondisi terburuk," lanjut dia. 

Badai menuturkan jumlah tenaga kesehatan di Kudus saat ini mencapai kurang lebih 6.000 orang.

Adanya perlindungan melalui program vaksinasi yang dimulai periode Januari-Maret 2021 lalu, kata Badai, membuat Nakes di Kudus tidak terlalu banyak yang terpapar Covid-19.

Baca Juga: Peneliti UGM Temukan Covid-19 Varian Delta dari Kudus

''Hampir 100% nakes di Kudus yang berjumlah sekitar 6.000 orang telah menerima vaksinasi dosis satu dan dua. Dari jumlah tersebut, hanya 308 nakes yang terpapar atau sekitar 5,13% dari jumlah keseluruhan nakes dan sebagian besar di antaranya sudah sembuh dan mulai bekerja kembali,'' ujar Badai.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Loekmono Hadi, dr. Abdul Aziz Achyar menyampaikan data terbaru pada Kamis kemarin, dari total 153 nakes yang terkonfirmasi kasus positif Covid-19 di rumah sakit tersebut, hanya 11 orang (7,1%) yang dirawat inap, 86 (56%) sisanya melakukan isolasi mandiri.

Kemudian, lanjut dia, dari 153 kasus konfirmasi Covid-19 tersebut 59 (38,5%) nakes RSUD dr Loekmono Hadi sudah dinyatakan sembuh.

"Hal ini menunjukkan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi nakes efektif mengurangi gejala kesakitan dan risiko kematian," ungkap Abdul. 

Diketahui, hingga Kamis kemarin, nakes dan tenaga penunjang kesehatan di Kudus yang telah divaksinasi dosis pertama mencapai 6.085 orang dan yang telah mendapatkan dosis kedua sebanyak 5.888 orang.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Bagi Warga Kudus Terus Diupayakan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x