Kompas TV regional berita daerah

Persyaratan Dokumen PPD Harus Valid

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 17:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mencegah kecurangan PPD tahun 2021, sekolah harus melakukan verifikasi dan klarifikasi berkas dokumen untuk mengetahui keasliannya. Peran serta ombusman, masyarakat dan LSM dalam pengawasan PPD sangat dibutuhkan demi keadilan bersama.

Pengamat pendidikan Semarang, Sudarto menegaskan pelaksanaan PPD tahun ini harus lebih baik, dimana diknas dan sekolah harus bisa belajar dari pengalaman sebelumnya terkait kekengkapan berkas atau dokumen.

Sudarto menambahkan ada beberapa jalur untuk masuk PPD yaitu dengan jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur prestasi. Untuk mendaftar PPD disertai sejumlah persyaratan dokumen atau berkas. Beberapa tahun sebelumnya dokumen atau berkas yang dikeluarkan lembaga diluar sekolah menimbulkan permasalahan karena diragukan keasliannya. Oleh karena itu sekolah dalam verifikasi dan klarifikasi berkas harus valid. 

“Untuk membantu guru supaya nanti tidak dituding-tuding oleh masyarakat, seluruh pejabat yang terkait kalo mengeluarkan keterangan kartu miskin, dokumen prestasi validitasnya harus tinggi“ ungkap Sudarto, pengamat pendidikan Semarang.

Sudarto menambahkan keabsahan berkas dokumen PPD harus valid untuk memenuhi untuk rasa keadilan, sehingga tidak ada calon siswa yang di rugikan.
 

#PPD #Pendidikan #Semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.