Kompas TV regional hukum

Fakta-fakta yang Terkuak di Persidangan Kasus Suap Mantan Bupati Muara Enim

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 14:41 WIB
fakta-fakta-yang-terkuak-di-persidangan-kasus-suap-mantan-bupati-muara-enim
Sidang mantan Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Palembang, Kamis (17/6/2021). Muzakir divonis delapan tahun penjara dan harus mengganti uang sekitar Rp 2,3 miliar karena bermain lahan pengganti dengan direksi PT Perkebunan Mitra Ogan. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

PALEMBANG, KOMPAS.TV – Ketua Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi Palembang, Bongbongan Silaban,  memvonis bekas Bupati Muara Enim Muzakir Sae Sohar,  delapan tahun penjara dan denda Rp 350 juta subsider enam bulan penjara, Kamis (17/6/2021). Ia terbukti menerima suap dalam kasus pengubahan status kawasan hutan seluas 4.335 hektar.

Putusan itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum, yakni hukuman penjara selama 10 tahun dengan uang pengganti  400.000 dolar AS.

Sebagai Bupati Muara Enim yang menjabat selama dua periode (2009-2018),  Muzakir dinilai tidak mendukung program pemerintah untuk memberantas korupsi.

Melansir dari Kompas.id, saat dipersidangan, menurut Bongbongan, terdakwa tidak berterus terang atau berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

Awal mula

Adapun pemberian suap tersebut dilakukan secara bertahap pada periode Februari-Juni 2014. Suap ini dilakukan untuk memuluskan proses pengadaan lahan pengganti kawasan hutan seluas 4.332 hektar di Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Pada saat itu, Muzakir dan Bekas Direktur Utama PT Perkebunan Mitra Ogan Anjapri,  melakukan upaya untuk memuluskan pengadaan lahan pengganti dengan menunjuk konsultan Abunawar Basyeban.

Dalam pengurusan dokumen itu, Anjapri memberi uang sekitar Rp 5,8 miliar kepada Abunawar Basyeban untuk mengurus kontrak dengan rincian Rp 4,6 miliar untuk membeli uang 400.000 dollar AS guna diberikan kepada Muzakir, Rp 998 juta untuk operasional perusahaan, dan sisanya untuk Basyeban sebagai uang jasa.

Namun, proses pengalihan status lahan ini dinilai bermasalah dan menyalahi prosedur karena dilakukan dengan skema penunjukan. Padahal, untuk nilai kontrak di atas Rp 500 juta hingga Rp 50 miliar harus berdasarkan tender.

Dalam fakta persidangan disebutkan pula bahwa penyuapan kepada Muzakir dilakukan dalam empat kali tahapan. Setiap pertemuan diserahkan masing-masing 100.000 dollar AS. Penyerahan dilakukan di rumah dinas bupati, Hotel Sultan Jakarta, Hotel Swarna Dwipa Palembang, dan di rumah keluarga Muzakir.

Baca Juga: Mantan Bupati Muara Enim Divonis 8 Tahun Penjara terkait Kasus Suap PT Perkebunan Mitra Ogan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x