Kompas TV entertainment selebriti

Jerinx Semprot BCL yang Jalani Isolasi Mandiri Berdua, Intip Panduan Isoman dari Kemenkes

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 10:57 WIB
jerinx-semprot-bcl-yang-jalani-isolasi-mandiri-berdua-intip-panduan-isoman-dari-kemenkes
Kolase Jerinx dan BCL (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pentolan grup band asal Bali Superman is Dead (SID)  Jerinx,  menjadi sorotan lagi. Usai keluar dari penjara, Jerinx kini semprot penyanyi sekaligus bintang film Bunga Citra Lestari (BCL) yang mengaku kena Covid-19 di Bali dan mengaku tengah jalani isolasi mandiri.

Namun dalam foto yang diunggahnya,  BCL berfoto dengan seorang perempuan lain. Hal ini yang membuat Jerinx langsung memberikan komentar pedas ke BCL.

Baca Juga: Bersama Nora Alexandra, Jerinx Lakukan Upacara Melukat setelah Bebas dari Penjara. Apa Itu Melukat?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@jrxsid)

"Narasi yg dia pakai di foto “isoman” nya malah BANGGA kena cvd dan memperlakukan virus yg KATANYA sangat berbahaya ini bak tren fashion terbaru yg harus mengundang simpati,"

"Dia bangga jalani proses isolasi mandiri, tapi di foto malah berdua, dia tahu nggak arti kata mandiri?" ujar Jerinx.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat isolasi mandiri.

Konsultasi dengan dokter Manfaatkan telemedicine dan media sosial untuk berkoordinasi dengan dokter, puskesmas terdekat, dan petugas terkait dengan penanganan COVID-19. Hindari keluar rumah dan menggunakan kendaraan umum.

Laporkan secara berkala suhu tubuh dan gejala yang Anda rasakan kepada dokter agar dokter bisa memberi tahu langkah-langkah yang perlu Anda lakukan. Dengan melaporkan secara berkala, dokter akan bisa menentukan jika Anda masih aman untuk isolasi mandiri di rumah atau memerlukan perawatan khusus di rumah sakit.

Anda masih diperbolehkan untuk tinggal serumah dengan anggota keluarga yang tidak terkena COVID-19. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak menularkan penyakitnya kepada anggota keluarga lainnya.

  1. Selalu gunakan masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.
  2. Pasien terkonfirmasi positif harus tinggal dan terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Selain kamar, sediakan juga kamar mandi terpisah.
  3. Gunakan peralatan makanan terpisah untuk pasien yang terkonfirmasi positif. Peralatan makan bekas pasien positif harus dicuci dengan sabun dan air mengalir. Air bekas cucian pun harus langsung mengalir ke tempat pembuangan, tidak boleh ditampung atau menggenang.
  4. Jaga kebersihan rumah dengan rutin meggunakan cairan disinfektan di dalam rumah. Semprotkan juga cairan disinfektan pada wastafel setiap habis menyikat gigi.
  5. Rutin mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir, serta menerapkan etika batuk dan bersin di rumah.

Biasakan bangun pagi dan berjemur di bawah matahari setiap pagi selama 15-30 menit. Selain itu, pastikan kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri memiliki sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga: Dukungan Para Sahabat untuk BCL yang Positif Covid-19

Buka jendela agar ada udara segar yang masuk. Konsumsi makanan yang bergizi setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan imun.

Konsultasikan ke dokter jika ada obat yang Anda minum, jangan sampai suplemen yang Anda konsumsi mengganggu kinerja obat yang diberikan oleh dokter.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x