Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Ini Iran Gelar Pemilihan Presiden, Apa Saja yang Dipertaruhkan?

Jumat, 18 Juni 2021 | 06:14 WIB
hari-ini-iran-gelar-pemilihan-presiden-apa-saja-yang-dipertaruhkan
Tujuh kandidat yang disetujui oleh Dewan Wali Iran untuk berlaga di pemilihan presiden Iran (dari kiri ke kanan): mantan komandan Garda Revolusioner Iran Mohsen Rezaei, Gubernur Bank Sentral Iran Abdolnaser Hemmati, anggota parlemen Alireza Zakani, mantan Wakil Presiden Iran Mohsen Mehralizadeh, Wakil Ketua Parlemen Amir Hossein Ghazizadeh Hashemi, Sekjen Majelis Tinggi Pertahanan Nasional Saeed Jalili dan Hakim Agung Ebrahim Raisi. (Sumber: AP Photo)

TEHERAN, KOMPAS.TV – Hari ini, Jumat (18/6/2021), Iran menggelar pemilihan presiden. Pemilihan ini akan menentukan sosok yang akan memimpin pemerintahan sipil di tengah ketegangan hubungan Republik Islam itu dengan negara-negara Barat terkait kesepakatan nuklirnya bersama kekuatan dunia.

Dirangkum dari Associated Press, berikut hal-hal yang menjadi perhatian dalam pemilihan presiden Iran:

Siapa yang Berlaga?

Dari total 600 kandidat yang mendaftar mencalonkan diri, Dewan Wali Iran hanya meloloskan 7 nama. Pada Kamis (17/6/2021), jumlah itu mengerucut lagi.

Baca Juga: Jelang Pemilihan Presiden, Rakyat Iran Apatis, Berharap Masa Depan Negara Lebih Baik

Menurut hasil polling yang digelar, dari 4 kandidat calon presiden, hakim agung garis keras Ebrahim Raisi tampaknya unggul. Abdolnasser Hemmati, mantan kepala Bank Sentral Iran, tampaknya mewakili kalangan moderat. Mantan komandan Garda Revolusioner Iran Mohsen Rezaei dan anggota parlemen Hossein Ghazizadeh juga berhasil lolos untuk berlaga pada hari ini.  

Ketua Kehakiman Iran Ebrahim Raisi tiba untuk mendaftarkan pencalonannya dalam pemilihan presiden di Kementerian Dalam Negeri Iran di Teheran, Iran, pada 15 Mei 2021. (Sumber: Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Berdasarkan tiga debat calon presiden yang digelar, tampaknya laga pemilihan presiden akan didominasi oleh dua nama terunggul. Ini lantaran kandidat lain rata-rata mengkritik menyerang Hemmati karena menjadi bagian dari pemerintahan Presiden Hassan Rouhani yang sekarang menjabat.

Siapa yang Tidak Berlaga?

Rouhani, yang pemerintahannya mencapai kesepakatan nuklir tahun 2015 bersama para kekuatan dunia, sudah tak bisa lagi berlaga karena pembatasan masa jabatan. Dewan Wali, badan pengawas konsitusional Iran yang menetapkan para kandidat, juga melarang sejumlah kandidat lain untuk berlaga tahun ini. Mereka termasuk Ali Larijani, mantan anggota parlemen konservatif yang beberapa tahun belakangan bersekutu dengan Rouhani.

Baca Juga: Dewan Garda Loloskan 7 Nama Bakal Capres Iran, Tak Ada Nama Mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19