Kompas TV internasional kompas dunia

Seorang Jurnalis Ditembak Mati di Meksiko, Dua Lainnya Menghilang

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 06:00 WIB
seorang-jurnalis-ditembak-mati-di-meksiko-dua-lainnya-menghilang
Ilustrasi penembakan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

MEXICO CITY, KOMPAS.TV – Jurnalis Meksiko Guatvo Sanchez Cabrera ditembak mati pada Kamis (17/6/2021). Penembakan terhadap Sanchez Cabrera merupakan kasus pembunuhan kedua terhadap jurnalis di Meksiko sepanjang tahun ini. Dua reporter lainnya dilaporkan menghilang.

Melansir Associated Press, kantor jaksa di negara bagian Oaxaca di selatan Meksiko menyatakan, Sanchez Cabrera tengah mengendarai sepeda motor bersama seorang lainnya di sebuah ruas jalan pedesaan saat sejumlah orang bersenjata menembaki mereka. Belum diketahui kondisi penumpang motor Sanchez Cabrera.

Baca Juga: Jurnalis Kriminal Veteran Yunani Ditembak Mati, Eropa Mengecam

Media setempat melaporkan, Sanchez Cabrera menerima sejumlah ancaman dan serangan selama beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, Reporters Without Borders menuntut penyelidikan atas sejumlah ancaman dan serangan yang dilaporkan Sanchez Cabrera terkait pekerjaannya sebagai seorang jurnalis.

Baca Juga: Jurnalis Afghanistan Kembali Dibunuh, Korban Kelima pada Dua Bulan Terakhir

Sedikitnya dua jurnalis menghilang pada tahun ini seiring meningkatnya aksi kekerasan yang terjadi di perbatasan utara negara bagian Sonora. Pada Mei lalu, jurnalis media daring Benjamin Morales Hernandez diculik dan dibunuh di Sonora.

Morales Hernandez  mengelola situs berita komunitas bernama Noticias Xonoidag. Keluarganya melaporkan ia telah diculik dan jenazahnya yang dipenuhi lubang peluru kemudian ditemukan di sebuah ruas jalan tol.

Baca Juga: IFJ: 42 Jurnalis Tewas dan 235 dipenjara di Seluruh Dunia Sepanjang 2020

Sepanjang tahun 2020, sebanyak 9 jurnalis terbunuh di Meksiko, jumlah jurnalis tewas terbesar di negara yang tidak sedang mengalami perang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.