Kompas TV internasional kompas dunia

3 Hasil Pertemuan Biden dan Putin di Jenewa

Kamis, 17 Juni 2021 | 22:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Jenewa, Swiss pada Rabu, 16 Juni 2021.

Ada 3 hasil dari pertemuan keduanya yaitu:

Joe Biden mengingatkan bahwa Amerika Serikat tak menolerir campur tangan dan intervensi pemilu yang diduga dilakukan oleh Rusia.

"Kita tidak akan mentoleransi upaya-upaya melanggar kedaulatan demokratik kita atau mendestabilisasi pemilu demokratis kita dan kita akan merespons," ucap Biden dilansir dari AFP (17/6/2021).

Putin mengecam Amerika Serikat soal HAM usai pertemuan. Putin membantah kritik terhadap Rusia pada isu-isu prediktabilitas kebijakan, HAM dan keamanan siber.

"Satu serangan saja bisa membunuh ... (sekitar) 120 orang. Baiklah, dengan asumsi ini adalah kesalahan yang terjadi dalam perang, tetapi menembak dari drone, (pada) kerumunan yang tidak bersenjata, jelas kerumunan sipil, apa ini? Bagaimana Anda menyebutnya? Dan siapa yang bertanggung jawab untuk ini?" kata Putin.

Keduanya sepakat mengembalikan duta besar di Washington dan Moscow. Kedua duta besar ini untuk mulai negosiasi untuk menyelesaikan perjanjian yang tersisa antara kedua negara.

Sebelumnya Duta Besar Rusia untuk AS, Anatoly Antonov, ditarik dari Washington sekitar tiga bulan lalu setelah Biden menyebut Putin sebagai pembunuh. Sedangkan Duta Besar AS untuk Rusia John Sullivan meninggalkan Moskow hampir dua bulan lalu.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:21
DINAS PENDIDIKAN KOTA TANGERANG SEBUT SITUS PPDB JENJANG SD SUDAH BISA DIAKSES KEMBALI SETELAH SEMPAT ALAMI GANGGUAN   SATGAS COVID-19 NUNUKAN IMBAU MASYARAKAT WASPADAI VIRUS KORONA KARENA MOBILITAS TINGGI DI PERBATASAN RI-MALAYSIA   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO SEBUT ZONA MERAH PENYEBARAN COVID-19 DI INDONESIA NAIK MENJADI 29 KABUPATEN/KOTA   PEMKOT TANGSEL AKAN GUNAKAN KEMBALI PUSKESMAS SEBAGAI LOKASI PERAWATAN SEMENTARA KARENA RS RUJUKAN COVID-19 PENUH   PEMKOT TANGSEL LAKUKAN EVALUASI PENGGUNAAN KEMBALI PUSKESMAS SEBAGAI LOKASI PERAWATAN SEMENTARA PASIEN COVID-19   PEMKAB LUMAJANG SIAPKAN 260 KAMAR TIDUR DI 7 RUMAH SAKIT GUNA ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19   KAPOLRESTA BOGOR KOMBES SUSATYO PURNOMO CONDRO: SISTEM GANJIL-GENAP DI KOTA BOGOR BERLAKU SABTU-MINGGU   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKOT BOGOR KEMBALI LAKUKAN GANJIL-GENAP UNTUK KENDARAAN BERMOTOR AKHIR PEKAN INI   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT INDONESIA YANG DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA TELAH MENCAPAI 11.963.130 ORANG   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TARGETKAN SELURUH ORANG DEWASA DI DKI JAKARTA TELAH DIVAKSINASI COVID-19 AKHIR AGUSTUS   PEMPROV DKI JAKARTA HENTIKAN UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI IBU KOTA KARENA TINGGINYA KASUS COVID-19   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: PENTING LAKUKAN PERCEPATAN VAKSINASI UNTUK TEKAN LAJU PENYEBARAN COVID-19   KPK TETAPKAN EMPAT ANGGOTA DPRD JAMBI PERIODE 2014-2019 SEBAGAI TERSANGKA KASUS SUAP PENGESAHAN RAPBD JAMBI   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE DORONG UMKM DI NTT LAKUKAN PENJUALAN SECARA DIGITAL AGAR BISA JANGKAU PASAR YANG LEBIH LUAS