Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Resmikan Aplikasi E -MOTION Rudenim Makassar

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 22:14 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-resmikan-aplikasi-e-motion-rudenim-makassar
Aplikasi E-Motion ini merupakan transformasi digital e-Office oleh Rudenim Makassar sebagai bentuk reformasi birokrasi (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel,  Harun Sulianto  resmikan Aplikasi e-Motion (Eletronic- Immigrant Mobile Administration) Rumah Detensi Imigrasi Makassar, Rabu(16/6).


Kakanwil  Harun mengapresiasi inovasi aplikasi E-Motion yang telah sesuai dengan prinsip layanan publik yang baik yakni  untuk mempermudah, mempercepat,dengan memangkas  birokrasi dan memberi kenyamanan pada penerima layanan. 

“Aplikasi E-Motion ini merupakan  transformasi digital e-Office  oleh Rudenim Makassar sebagai bentuk  reformasi birokrasi,” ujar kakanwil harun

Kakanwil Harun juga berharap, agar dilakukan kolaborasi   berkelanjutan antara timpora , satgas  pengungsi serta pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan terhadap pengungsi sesuai Perpres nomor. 125 tahun 2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Makassar,  Alimuddin yang mengusung inovasi aplikasi e-Motion menjelaskan bahwa e-Motion ini dibuat untuk memudahkan pengungsi dalam memenuhi kewajiban laporan bulanan ke Rudenim Makassar. 

Aplikasi E-Motion dapat diakses oleh pengungsi dan stakeholder dengan perbedaan hak akses masing- masing

"Alimuddin merinci bahwa dengan aplikasi ini, pengungsi  yang sebelumnya harus mendatangi Rudenim Makassar guna mendapatkan peneraan stempel Laporan bulanan pada kartu identitas pengungsi"

kedepan pelaksanaan pelaporan bulanan dilakukan secara mandiri, cukup melalui aplikasi, demikian juga untuk kartu identitas pengungsi tak perlu lagi Rudenim melakukan pencetakan, pengungsi dapat melakukan pengunduhan melalui aplikasi E-Motion. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap efisiensi anggaran.

Sementara manfaat  bagi stakeholder terkait menyediakan akurasi data pengungsi di Kota Makassar dan menunjang lintas pertukaran informasi dapat dilakukan secara cepat, sehingga permasalahan–permasalahan terkait pengungsi di Kota Makassar dapat dideteksi secara dini.

Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Laporan ombudsman Sulsel ,Aswiwin Sirua menyampaikan apresiasi dan terimakasih pada Kanwil Kemenkumham Sulsel beserta jajaran atas komitmen dan konsisten secara simultan melakukan perbaikan dan  peningkatan kualitas layanan publik dengan berbagai inovasi.

Aswiwin berharap inovasi- inovasi layanan publik semacam ini dapat menjadi contoh bagi unit- unit lain pada kemenkumham dalam meningkatkan mutu kualitas pelayanan publik

Pada kegiatan ini turut hadir Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida beserta jajaran, Kakanim Parepare Arief Eka Rianto,  perwakilan UNHCR, perwakilan IOM, Pemilik Comunity House,  Pimpinan OPD Kab. Gowa, dan perwakilan Polrestabes makassar dan polres Gowa


#EMOTIN

#NHCR

#KANWILKUMAH

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x