Kompas TV kuliner cerita rasa

Hari Ini, 18 Juni ada Hari Gastronomi Berkelanjutan Internasional, Apa Itu?

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 06:00 WIB
hari-ini-18-juni-ada-hari-gastronomi-berkelanjutan-internasional-apa-itu
Salah satu hidangan peserta yang dilombakan dalam kompetisi Ayo Makan di Hotel The Westin, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Program ini merupakan program kuliner tahunan yang sudah dilakukan sejak empat tahun terakhir yang menyatukan hotel, chef, dan tamu dalam pengalaman kuliner Indonesia yang otentik (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV- Ketika keahlian memasak dianggap sebagai sebuah ekspresi budaya dan akhirnya dirayakan dalam sebuah peringatan.

Ya, hari ini, setiap 18 Juni oleh PBB ditetapkan sebagai Hari Gastronomi Berkelanjutan Internasional. Yuk, mengenal gastronomi.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut terkait Gastronomi.

Melansir Mamo Panel, hal ini diawali saat Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi A/RES/ 71/246 pada 21 Desember 2016, dan menetapkan 18 Juni sebagai Sustainable Gastronomy Day atau dikenal sebagai Hari Gastronomi Berkelanjutan Internasional.

Keputusan ini dilaksanakan untuk merayakan keahlian memasak sebagai ekspresi budaya yang terkait dengan keanekaragaman alam dan budaya dunia.

Gastronomi berkelanjutan dapat berperan karena keterkaitannya dengan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, dalam mencapai Sustainable Development GoalsTujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan mempromosikan: Pembangunan pertanian; Ketahanan pangan; Nutrisi; Produksi pangan berkelanjutan; dan Konservasi keanekaragaman hayati.

Baca Juga: Kreasi Kuliner dengan Teknik Gastronomi Molekuler

Hari Gastronomi Berkelanjutan menekankan perlunya memusatkan perhatian dunia pada peran yang bisa dimainkan industri masak yang berkelanjutan.

“Ini juga menegaskan kembali bahwa semua budaya dan peradaban adalah kontributor dan memiliki peranan yang penting dari pembangunan berkelanjutan,” seperti dikutip dari Mamo Panel, Kamis (18/6/2020).

Gastronomi di Indonesia

Istilah gastronomi makin bergaung beberapa tahun belakangan di Indonesia. Namun gastronomi bukanlah kata yang umum.

Uniknya, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Eni Hermayani mengatakan, gastronomi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama ratusan tahun.

Gastronomi merupakan istilah yang berkaitan erat dengan kuliner. Bedanya, kuliner dikenal sebagai seni memasak yang sehat dan bergizi, sedangkan istilah gastronomi memiliki pengertian yang lebih luas.

Menurut Eni pengertian gastronomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seni, praktik, dan kajian tentang pemilihan, preparasi, produksi, penyajian dan penikmatan berbagai makanan dan minuman.

ilustrasi kreasi sayur mayur sebagai salah satu bagian dari gastronomi (Sumber: https://www.mamopanel.org)

Sebagai negara megabiodiversitas, Indonesia memiliki ragam kuliner dan gastronomi yang besar. Jika dikelola dengan baik, keduanya bisa berdampak luas bahkan mampu menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Namun, hingga saat ini belum banyak kajian yang bisa mendukung gastronomi untuk bisa dikenal secara luas, baik untuk masyarakat Indonesia ataupun dunia.

“Cakupan pengetahuan yang termasuk dalam gastronomi luas sekali," tutur Eni dalam Webinar Gastronomi & Launching Pusat Kajian Kuliner dan Gastronomi Indonesia, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: Kreasi Kuliner Unik, Soto Pandalungan ala Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.