Kompas TV entertainment selebriti

Anji Dapat Ganja dari Situs Amerika, Bea Cukai Angkat Bicara: Kita Kesulitan Monitoring Pedagang

Kamis, 17 Juni 2021 | 20:57 WIB
anji-dapat-ganja-dari-situs-amerika-bea-cukai-angkat-bicara-kita-kesulitan-monitoring-pedagang
Konferensi pers pengungkapan penangkapan musisi Anji di Mapolres Jakarta Barat, Rabu (16/6/2021). (Sumber: Dok. Humas Polres Metro Jakarta Barat)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Erdian Aji Prihartanto alias Aji mengaku mendapatkan ganja dari sebuah situs bernama mega*****astore.com yang diduga berasal dari Amerika Serikat.

Untuk mengakses situs tersebut, Anji harus memiliki akses id yang diakuinya didapat dari seseorang yang kini berstatus buronan.

“Menurut yang bersangkutan mendapatkan barang tersebut dari situs yang berada di luar, yaitu website mega*****astore.com, situs yang diduga berada di wilayah Amerika Serikat,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo, Rabu (16/7/2021).

Baca Juga: Anji Jalani Asesmen Rehabilitasi di BNNP DKI Jakarta

Menanggapi hal tersebut, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga DJBC Kemenkeu, Syarief Hidayat, angkat bicara soal mengapa pengiriman narkoba dari Amerika ke Indonesia begitu mudah.

Menurutnya, pihak Bea Cukai mengalami kesulitan mengawasi barang yang berasal dari belanja dalam jaringan.

“Nah, inilah yang jadi permasalahan. Kita agak kesulitan untuk melakukan monitoring terhadap validitas maupun juga kredibilitas daripada pedagang-pedagang tersebut,” kata Syarief, dikutip dari Grid.id, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Dijerat Pasal Berlapis, Anji Terancam Hukuman Maksimal 12 Tahun Penjara

Hal ini karena banyaknya paket yang terkirim melalui belanja dalam jaringan, di mana Syarief menyebutkan data pada tahun 2019 tercatat ada 58 juta paket.

Angka ini dinilai akan terus melonjak seiring tren belanja dalam jaringan yang juga terus naik.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19