Kompas TV regional berita daerah

Ekonomi Pancasila sangat dibutuhkan masyarakat

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 18:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penjelasan tersebut disampaikan di Focus Group Discussion atau FGD bertajuk “terapan ekonomi pancasila pada desa berdikari” di Graha Kebangsaan Universitas 17 Agustus 1945 Kota Semarang. Berkembangnya ekonomi kapitalis di tengah era modern membuat kesenjangan bagi masyarakat ekonomi bawah. Sehingga sangat penting menumbuhkan kembali nilai-nilai pancasila ekonomi, untuk meningkatkan nilai gotong royong dan kemanusiaan. Nilai ekonomi pancasila bisa ditumbuhkan kembali dengan cara menjadikan kurikulum ekonomi pancasila ditingkatan pendidikan.

“Berbicara ekonomi pancasila yaitu ekonomi berkeadilan, bagaimana orientasi kebijakan pembangunan orientasi pada kepentingan banyak orang.sementara kapital adalah modal untuk produksi tetapi produksi kapital tidak boleh dikuasai oleh segelintir orang. Tapi kapital harus mensejahterakan masyarakat disekitarnya,” kata Antonius Benny Susetyo, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP.

Sistem ekonomi pancasila diperlukan dalam menghadapi era globalisasi dan keadaan pandemi seperti saat ini pada saat sistem ekonomi tradisional mulai tumbang. Dan sistem ekonomi pancasila adalah sistem ekonomi yang mengedepankan kemanusiaan, gotong royong dan keberpihakan pada ekonomi lemah dan dapat dipadukan dengan teknologi, sehingga menjadi suatu sistem yang Komperhensif.

#Pancasila #Ekonomi #GotongRoyong #BPIP



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x