Kompas TV nasional kesehatan

Soal Vaksin Nusantara, Pimpinan DPR: Mari Lepas Ego Sektoral

Kamis, 17 Juni 2021 | 16:01 WIB
soal-vaksin-nusantara-pimpinan-dpr-mari-lepas-ego-sektoral
Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto tengah menunjukkan calon perangkat Vaksin Nusantara di depan anggota DPR RI, Rabu (16/6/2021). (Sumber: Tangkapan layar KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada seluruh pihak untuk mengesampingkan ego sektoral demi mensukseskan rencana legislatif mendukung hadirnya Vaksin Nusantara. 

Seperti diketahui, Vaksin Nusantara yang diprakarsai eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah merampungkan uji klinis Fase II.  

"Saya pikir soal vaksin mari melepas ego sektoral masing-masing, kita enggak mau juga dibilang kok DPR ikut-ikutan soal vaksin, kan DPR pernah dibilang seperti itu," kata Sufmi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/6/2021). 

Baca Juga: Mantan Menkes Terawan Racik Vaksin Nusantara di Depan Anggota DPR: Kayak Memasak Saja

Menurut dia, demi mencapainya kekebalan tubuh di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini, maka kehadiran Vaksin Nusantara diperlukan agar Indonesia cepat pulih seperti sebelum adanya pandemi. 

"Saya pikir dalam lonnjakan Coviod yang tinggi ini mari kita sama sama ikut berpartisipasi mengantisipasi. Salah satunya, saya pikir enggak ada masalah mau vaksin apa, yang penting,  dia sudah bisa teruji fase I dan fase II," ujarnya. 

Ia mengimbau kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan PT Bio Farma selaku pemegang otoritas vaksin di Indonesai ikut mensukseskan pengadaannya. 

"Itu dia saya bilang marilah kita lepas ego sektoralnya. Ini kita pikirkan keselamatan rakyat banyak, rakyat Indonesia. Karena itu saya pikir ya sepanjang itu sudah bisa dilakukan, ya dilakukan aja," kata dia. 

Sebelumnya, Komisi VII DPR RI setuju vaksin Nusantara lanjut uji klinis tahap III dan masuk dalam konsorsium riset vaksin Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII dengan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 secara virtual, Rabu (16/6/2021).

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19