Kompas TV nasional sosial

Tekan Kasus Covid-19 Meningkat, Ridwan Kamil Minta Libur Iduladha 2021 Ditiadakan

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 17:06 WIB
tekan-kasus-covid-19-meningkat-ridwan-kamil-minta-libur-iduladha-2021-ditiadakan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung beberapa waktu lalu. (Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk menekan kasus Covid-19 kembali meningkat, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat meminta kepada pemerintah pusat untuk meniadakan libur panjang Iduladha 2021.

Libur panjang Iduladha diketahui dijadwalkan pada pertengahan Juli mendatang. Menurut Ridwan Kamil libur panjang akan menarik kegiatan massal dan mendisrupsi keefektifan PPKM skala mikro yang tengah dijalankan.

"Kita merekomendasikan agar pemerintah pusat, libur panjang Iduladha itu ditiadakan," jelas Ridwan Kamil dalam webinar yang digelar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kamis (17/06/2021).

Baca Juga: Tempat Wisata dan Hiburan Di Bandung Akan Ditutup Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Selain itu karena efektivitas pengendalian dari PPKM mikro yang sudah teruji, jika masyarakat melakukan kegiatan massal tak menutup kemungkinan kasus Covid-19 melonjak lagi.

"PPKM mikro ini sangat baik selama tak didisrupsi kegiatan massal," lanjut Ridwan menyarankan.

Melansir Kompas.com, Kamis (17/06/2021) selama melaksanakan PPKM mikro Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencatatkan pengendalian kasus Covid-19 di wilayah itu relatif baik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Larang Wisatawan Datang Ke Dua Wilayah di Bandung Raya

Namun, akibat libur panjang selama 2021, upaya tersebut terganggu dan mencatatkan keterisian tempat tidur yang melonjak tajam.

Padahal sebelum perayaan Idulfitri 2021 Jawa Barat hanya mencatatkan tingkat keterisian sekitar 29 persen.

"14 hari setelah Idulfitri kita mengalami lompatan (kasus) bahkan sekarang sampai ke angka 60-an persen. Beberada daerah (lain bahkan) di atas 80 persen," tutur Emil, sapaan Gubernur Jawa Barat itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x