Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut Lobi Arab Saudi Suntik Modal ke Bank Syariah Indonesia

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 11:18 WIB
luhut-lobi-arab-saudi-suntik-modal-ke-bank-syariah-indonesia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menko Kemaritiman dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan menggelar pertmuan virtual dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih. Pertemuan itu pun menghasilkan sejumlah rencana kerja sama investasi kedua negara.

Diantaranya, Luhut menawarkan Arab Saudi menyuntikkan modal ke Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank syariah terbesar di Indonesia saat ini. Pihak Arab Saudi menyampaikan ketertarikannya dan akan menugaskan timnya untuk membahas detail rencana ini lebih lanjut, " kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/06/2021).

Luhut juga menyampaikan keinginan pemerintah untuk membangun kompleks perumahan Indonesia di Mekkah.

Baca Juga: Luhut dan Erick Thohir ke China, Ini Daftar Proyek yang Akan Digarap RI-China

"Nantinya, rumah-rumah itu bisa menjadi tempat singgah bagi jemaah umroh dan haji dari tanah air. Kawasan perumahan khusus ini bisa juga digunakan untuk pemasaran produk khusus Indonesia di Mekkah, " ujar Luhut.

Menteri Investasi Al-Falih pun langsung menawarkan beberapa calon lokasi yang dapat digunakan. Proyek tersebut rencananya akan dipimpin oleh perusahaan konstruksi pelat merah, PT Pembangunan Perumahan.

Menteri Investasi Al-Falih juga berjanji akan berkomunikasi dengan lembaga investasi Arab Saudi Public Investment Fund (PIF) soal tawaran yang diberikan. Kemudian, pertemuan antara Indonesia Investment Authority (INA) dan PIF akan diagendakan.

Luhut dan Al-Falih sepakat untuk membentuk satuan tugas atau task force untuk membahas berbagai peluang investasi yang ada. Kedua belah pihak juga akan kembali melakukan pertemuan pada tanggal 24 Juni 2021.

Baca Juga: Luhut: Kita Jangan Marah-Marah Terus Sama China

Dalam pertemuan virtual itu, Luhut didampingi Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan CEO Indonesia Investment Authority (INA) atau Lembaga Pengelola Investasi, Ridha Wirakusumah.

"Saya sangat senang pertemuan ini dapat terlaksana. Semoga kesempatan ini jadi langkah awal yang baik untuk kerja sama Indonesia dan Arab Saudi di berbagai bidang ke depannya," pungkas Luhut.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x