Kompas TV regional berita daerah

Pengamat: Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Eman-Eman Dibongkar Jika Hanya Kerena Road Bike

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 10:06 WIB
pengamat-jalur-sepeda-sudirman-thamrin-eman-eman-dibongkar-jika-hanya-kerena-road-bike
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa pesepeda saat meninjau proyek pembatas jalur sepeda sepanjang 11,2 kilometer dari Sudirman-Thamrin, Sabtu (27/2/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, mengatakan mubazir jika beton yang sudah dipasang sepanjang jalur Sudirman-Thamrin kembali dibongkor.

Jalur sepeda permanen yang telah menelan dana 28 miliar, kata Djoko, eman-eman kalau dibongkar lagi.

Djoko sendiri menyesalkan isu pembongkaran jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Ia menganggap jalur sepeda terproteksi itu sangat berguna bagi warga yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Terlebih bagi warga yang bekerja di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. "Dengan jalur sepeda yang terlindungi, akan menjamin keselamatan pesepeda," katanya dilansir dari Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Pemprov DKI Belum Bisa Penuhi Rekomendasi Kapolri agar Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin Dibongkar

Kata Djoko, dalih usul pembongkaran itu hanya karena keluhan pengguna road bike. Ia menyadari banyak keluhan dari pesepeda tipe road bike. Selama ini, banyak dari mereka enggan menggunakan jalur itu karena dinilai terlalu kecil.

Kendati begitu, Djoko menilai hal itu harusnya tak menjadi alasan untuk membongkar jalur sepeda yang sudah dibangun dengan dana tak sedikit.

"Sebaiknya tidak dibongkar hanya karena road bike dapat halangan," katanya.

Dari itu, Djoko menyarankan pesepeda road bike tidak lagi menggunakan jalur Sudirman-Thamrin jika keberatan menggunakan jalur sepeda permanen.

Kata dia, harus ada jalur khusus yang tak bercampur dengan kendaraan bermotor agar pesepeda road bike bisa berolahraga dengan aman dan nyaman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.