Kompas TV regional peristiwa

Anies Tinjau Topping Off Atap Jakarta International Stadium, Akhir 2021 Pertandingan Perdana

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 06:45 WIB
anies-tinjau-topping-off-atap-jakarta-international-stadium-akhir-2021-pertandingan-perdana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau topping off JIS Rabu (16/6/2021) (Sumber:twitter aniesbaswedan)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kegiatan topping off rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, bersama Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, Ketum Jakmania Diky Soemarno, dan Wali Kota Jakarta Ali Maulana Hakim, Rabu (16/6/2021).


Proses topping off dengan menggunakan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik di kawasan JIS.  Proses mengangkat rangka atap secara bersamaan dengan muatan yang sangat berat (3900 ton), adalah satu-satunya di Asia saat ini. 

Hal ini baru ada di Jakarta International Stadium (JIS). JIS dirancang menggunakan sistem atap buka tutup (retractable roof), sehingga bisa digunakan dalam cuaca apapun. 

Baca Juga: Anies Baswedan Targetkan Tiap Hari 100 Ribu Warga DKI Jakarta Divaksinasi

Fasilitas ini membuat stadion bisa dimanfaatkan lebih optimal. Karena bisa digunakan sepanjang waktu, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi. Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup.


"Proses topping off rangka atap JIS sangat kompleks, sehingga membutuhkan kompetensi, presisi yang sangat tinggi, serta persiapan yang luar biasa," kata Anies dalam unggahan di akun facebook, Rabu (16/6/2021). 

Proses rumit ini, kata Anies,  harus dipersiapkan agar beban rangka atap yang memiliki berat 3900 ton, sepanjang 270 meter ini sanggup diangkat hingga ketinggian 70 meter.

Namun, berkat kerja bersama ribuan orang yang terlibat dalam pembangunan JIS, dia merasa bersyukur dan berharap ini bisa tuntas.

Baca Juga: Panggil Anies Sampai Kapolda ke Istana, Presiden Jokowi Instruksikan Hal Ini..

"Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program dan proyek ini dengan amat baik. Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang bekerja siang malam, untuk memastikan bahwa pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat dana, dan tepat kualitasnya," katanya.
 
Proses pemasangan rangka atap JIS disertai penyelesaian akhirnya ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021. "Kemudian pada Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung," ungkapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x