Kompas TV nasional sosok

Sutiyoso, Gubernur 5 Presiden Kini Berlabuh di NasDem

Kamis, 17 Juni 2021 | 06:15 WIB
sutiyoso-gubernur-5-presiden-kini-berlabuh-di-nasdem
Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso (Sumber: KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR))

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah tak menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada 2016 silam, mantan gubernur DKI Jakarta Sutiyoso jarang tampil di depan publik. Hanya sesekali ikut bersuara bila ada kejadian di Jakarta.

Meski pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), namun tetap saja suaranya kalah dibandingkan partai-partai lain yang lebih banyak menghiasi media massa.  

Kini, Bang Yos, sapaan lelaki kelahiran Semarang, Jawa Tengah,  6 Desember 1944, ini kembali membuat kabar dari panggung politik. Baju PKPI sudah ditinggalkan dan sekarang bergabung dengan Partai NasDem pimpinan Surya Paloh.

Baca Juga: Urus Kambing Tiap Pulang Sekolah, Ini Kisah Sutiyoso dari Jenderal Hingga Jadi Gubernur

"Kenapa saya bergabung dengan Partai NasDem? Jujur saja, saya punya hubungan yang sangat akrab dengan Pak Surya Paloh sejak saya menjadi Panglima Kodam Jaya dulu," ungkap Bang Yos, pensiunan tentara berpangkat Letnan Jenderal itu, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

Baginya, partai politik tetap memiliki daya tarik dan kekuatan dalam membangun negara. "Kalau kita ingin membangun negeri ini, salah satunya kita harus melalui partai politik," lanjutnya.

Usia yang sudah melewati 70 tahun bukanlah halangan bagi lelaki yang menjabat gubernur DKI Jakarta dalam lima presiden itu. Maklum, lulusan Akademi Militer 1968 ini, punya segudang pengalaman dan jaringan.  

Baca Juga: Urus Kambing Tiap Pulang Sekolah, Ini Kisah Sutiyoso dari Jenderal Hingga Jadi Gubernur

Tidak heran bila dalam struktur DPP Partai NasDem, Sutiyoso langsung menempati posisi anggota Dewan Pertimbangan Partai NasDem. 

"Ketokohan Bang Yos tentu tak perlu diragukan lagi. Sebagai sosok pemimpin yang pernah dua periode menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan juga seorang tokoh senior di TNI," ujar Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Siswono Yudho Husodo.

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19