Kompas TV nasional update corona

Ternyata Seseorang yang Negatif Covid-19 Bisa Menjadi Pengantar Virus, Ini Penjelasan Ahli

Kamis, 17 Juni 2021 | 00:44 WIB
ternyata-seseorang-yang-negatif-covid-19-bisa-menjadi-pengantar-virus-ini-penjelasan-ahli
Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Profesor Amin Soebandrio (Sumber: KOMPASTV/Venny Sinuraya)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) Profesor Amin Soebandrio mengingatkan pentingnya isolasi mandiri bagi seseorang yang kontak erat dengan pihak terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebab, menurut Prof Amin, seseorang yang kontak erat meski hasil tes negatif Covid-19 masih berpotensi untuk menjadi pengatar virus bagi orang lain. 

Apalagi saat ini varian baru seperti Delta dari India memiliki kecepatan penularan lebih tinggi dibanding varian Alpha asal Inggris dan varian virus corona biasa.

Baca Juga: Waspada Varian Delta, Lonjakan Kasus Covid-19 Terasa di Beberapa Wilayah Indonesia!

Prof Amin menjelaskan tes swab PCR yang paling sensitif untuk mendeteksi virus dalam tubuh memiliki limit deteksi. 

Meski dinyatakan negatif Covid-19, belum tentu seseorang yang kontak erat tidak membawa virus dalam tubuhnya .

"Jadi kalau virus di bawah limit of detection, maka dia (virus) ada di tubuh orang itu, karena belum tedeteksi. Tapi dia (virus) tetap bisa loncat ke orang lain. Kalau seseorang yang diloncati virus kekebalannya tidak bagus, maka virusnya dengan senang hati memperbanyak diri," ujar Amin Soebandrio di program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Rabu (16/6/2021).

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


SATU MEJA

Berebut Relawan? (1) - SATU MEJA

Rabu, 16 Juni 2021 | 23:01 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
00:45
STRIKER AUSTRIA, MARKO ARNAUTOVIC, DISANKSI UEFA KARENA RASIS SAAT TANDING LAWAN MACEDONIA UTARA DI EURO 2020   TIONGKOK SUMBANG 500.000 DOSIS VAKSIN SINOVAC KEPADA PEMERINTAH MALAYSIA   TIONGKOK AKAN KIRIMKAN TIGA ASTRONOT KE STASIUN LUAR ANGKASA TIANHE BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   GUBERNUR MALUKU MURAD ISMAIL IMBAU WARGA DI WILAYAH SELATAN PULAU SERAM TETAP WASPADAI GEMPA SUSULAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   BEA CUKAI SITA 14.880 BATANG DARI 744 BUNGKUS ROKOK ILEGAL DI KABUPATEN PIDIE, ACEH   KPK TAMBAH 40 HARI PENAHANAN EKS DIRUT SARANA JAYA YOORY CORNELES PINONTOAN TERKAIT KORUPSI PENGADAAN LAHAN DI MUNJUL   WAKIL KETUA KOMISI III DPR PANGERAN KHAIRUL SALEH MINTA KAPOLRI USUT DUGAAN SINDIKAT IZIN TAMBANG KEMENTERIAN ESDM   MENDES PDTT SEBUT PENGGUNAAN DATA ADALAH INSTRUMEN PENTING TENTUKAN ARAH PENGAMBILAN KEBIJAKAN DI PUSAT MAUPUN DESA   KEMENPUPR TARGETKAN PEMBANGUNAN TOL CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN (CISUMDAWU) RAMPUNG AKHIR TAHUN 2021   WAGUB SUMBAR AUDY JOINALDY MINTA PEMKAB PADANG PARIAMAN PERCEPAT PEMBEBASAN LAHAN PROYEK TOL PADANG-PEKANBARU   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MINTA WARGA TAATI SURAT EDARAN MENTERI AGAMA UNTUK BERIBADAH DI RUMAH   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA PANTAU PERKEMBANGAN COVID-19 UNTUK MENENTUKAN KEBIJAKAN OPERASIONAL TEMPAT WISATA   SATGAS COVID-19 BANDUNG SEBUT KEGIATAN EKONOMI DI KOTA BANDUNG RAYA AKAN DIHENTIKAN APABILA MASUK ZONA MERAH