Kompas TV regional hukum

Kasus Investasi Bodong 212 Mart, Kerugian Rp 2 Miliar

Rabu, 16 Juni 2021 | 21:40 WIB

KOMPAS.TV - Polresta Samarinda masih terus melakuan pemeriksaan sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti dugaan kuat penipuan dan penggelapan 212 Mart.

Saksi pelapor pun kini bertambah dengan bukti baru yang diserahkan ke penyidik.

Investasi bodong 212 Mart yang berkedok koperasi syariah ini diduga menggelapkan dana investasi sebesar 2 miliar. Meski total akumulasi korban sebanyak 400 orang.

Sebelumnya, hanya 13 saksi melaporkan secara rrsmi erigian yang mereka alami. Namun saat ini, saksi pelapor bertambah menjadi 15 orang dengan penyerahan bukti baru yang diserahkan oleh penyidik.

Kejadian ini bermula dari ajakan investasi untuk mendirikan toko 212 Mart di Samarinda pada 2018.

Pembentukan toko dilakukan dengan pengumpulan dana investasi secara terbuka kepada masyarakat. 

Setelah dana investasi mencapai lebih dari 2 miliar, total ada 3 unit toko 212 Mart yang didirikan.

Para penyumbang dana kemudian melapor pada Polresta Samarinda karena merasa janggal. Tagihan ruko, gaji pegawai yang tidak dibayar dan toko yang tutup menjadi alasan korban melapor.

Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Andhika Dharma Sena, menyampaikan kasus ini telah ditingkatkan menjadi penyelidikan dengan sejumlah saksi dan barang bukti yang ada.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:30
WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN MINTA ULAMA JAGA UMAT DARI BAHAYA HOAKS   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: MOBILITAS WARGA JAWA BARAT TURUN PADA HARI KE-6 PPKM DARURAT    PASTIKAN TABUNG OKSIGEN TERPENUHI, KEMENPERIN DORONG INDUSTRI GENJOT PRODUKSI HINGGA IMPOR   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: OKSIGEN SEPENUHNYA DIPERUNTUKKAN BAGI KEPERLUAN KESEHATAN    MENTERI BUMN ERICK THOHIR OPTIMISTIS PROYEK LRT JABODEBEK DAN KCIC RAMPUNG AKHIR 2021   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA KEPALA DAERAH CARI SOLUSI KEBUTUHAN OKSIGEN TERPENUHI   LUHUT BINSAR PANDJAITAN: JIKA MOBILITAS MASYARAKAT DITEKAN HINGGA 50 PERSEN, KASUS COVID-19 BISA SEGERA MELANDAI   KETUA SATGAS: KUNCI SUKSES PELAKSANAAN PPKM DARURAT DAN MIKRO ADALAH KEDISIPLINAN INDIVIDU TERAPKAN PROKES   SATGAS: 2.654 KELURAHAN CATATKAN ANGKA KEPATUHAN PAKAI MASKER KURANG DARI 60 PERSEN   SATGAS SEBUT MASIH ADA WARGA DI BERBAGAI DAERAH YANG TAK PATUH DALAM PENERAPAN PROKES, SALAH SATUNYA MEMAKAI MASKER   INGATKAN PERUSAHAAN PATUHI PPKM DARURAT, SATGAS: PERUSAHAAN YANG MELANGGAR DICABUT IZINNYA   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA SEMUA KARYAWAN PERUSAHAAN PATUHI ATURAN PPKM DARURAT   JUBIR SATGAS: JANGAN TERLENA, COVID-19 JUGA MENINGKAT SIGNIFIKAN DI LUAR JAWA-BALI   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA KEPALA DAERAH DI LUAR PULAU JAWA-BALI TINGKATKAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19