Kompas TV nasional kesehatan

Covid-19 Melonjak, Tertinggi di Pulau Jawa

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 21:24 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pasien covid-19 terus berdatangan ke RSUD KRMT Wongsonegoro di Semarang, Jawa Tengah.

Sebagian berasal dari luar Kota Semarang, namun tak sedikit yang terpaksa dirawat di unit gawat darurat, karena ruang rawat yang mulai menipis.

Menipisnya ruang rawat isolasi dan ICU di rumah sakit rujukan covid-19 di lima provinsi di Pulau Jawa dalam sepekan terakhir. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut lima provinsi yang mengalami lonjakan kasus harian tertinggi adalah wilayah tujuan utama mudik lebaran, sementara DKI Jakarta sebagai daerah asal pemudik terbanyak.

Sehari sebelumnya Presiden Jokowi memanggil Gubernur Anies Baswedan, termasuk Forkopimda DKI Jakarta untuk menangani lonjakan kasus harian di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebut Presiden Jokowi pemprov memaksimalkan penerapan aturan dengan mengerahkan aparat TNI-Polri lebih banyak.

Di Jawa Barat, pelayanan kesehatan terancam kolaps akibat naiknya tingkat keterisian rumah sakit rujukan hingga lebih dari 80%.

Pemprov Jawa Barat menyatakan siaga satu dan menutup lokasi wisata di Bandung Raya hingga 7 hari ke depan.

Kasus harian nasional terus meningkat kembali mendekati angka 10 ribu per hari sejak libur panjang lebaran berakhir.

13 Juni lalu, kasus harian tercatat 9.868, 14 juni sebanyak 8.189 dan 15 Juni 8.161, hari ini kasus harian kembali melonjak hingga 9.944.

DPR meminta wacana lockdown Pulau Jawa yang beredar di masyarakatmenyusul lonjakan kasus harian covid-19 dipertimbangkan lebih cermat.

Di Jawa Timur, satu-satunya zona merah dengan lonjakan kasus dan penemuan varian India berada di Kabupaten Bangkalan Pulau Madura.

Lebih dari 350 orang terdeteksi positif dalam 11 hari penyekatan dan tes covid-19 yang digelar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.