Kompas TV internasional kompas dunia

Napak Tilas Mayflower, Kapal Robot Mutakhir Ini akan Berlayar Mengarungi Samudra Atlantik

Rabu, 16 Juni 2021 | 21:49 WIB
napak-tilas-mayflower-kapal-robot-mutakhir-ini-akan-berlayar-mengarungi-samudra-atlantik
Pada foto yang diambil pada 14 September 2020 ini, sejumlah teknisi menurunkan kapal mutakhir berteknologi canggih ke air sejak dibangun di Turnchapel, Plymouth, Inggris. Kapal yang diberi nama Mayflower ini akan melakukan perjalanan napak tilas kapal Mayflower pada 4 abad lebih silam. (Sumber: AP Photo/Alastair Grant, file)

SWANSEA, KOMPAS.TV – Pernah dengar nama kapal Mayflower? Empat abad dan setahun setelah kapal itu berlayar meninggalkan Plymouth, Inggris, dalam sebuah perjalanan bersejarah menuju Amerika, kapal lain bernama sama juga akan berlayar mengikuti jejaknya.

Namun, kapal Mayflower kali ini berbeda dengan kapal kayu yang berlayar pada 1620 silam. Mayflower kali ini merupakan kapal robot modern ramping tanpa awak maupun penumpang manusia.

Kapal Mayflower ini dipiloti oleh teknologi kecerdasan buatan nan canggih untuk menyeberangi trans-Atlantik yang akan memakan waktu sekitar 3 minggu.

Melansir Associated Press, proyek Mayflower ini bertujuan merevolusi penelitian kelautan.

IBM yang membangun kapal Mayflower bersama dengan organisasi penelitian kelautan nirlaba ProMare, mengonfirmasi bahwa Kapal Otonom Mayflower memulai perjalanannya pada Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Pemilik Ever Given Tuduh Otoritas Terusan Suez Bersalah Atas Kasus Kandasnya Kapal

Mayflower direncanakan singgah di Provincetown di Cape Cod sebelum berlayar menuju Plymouth, Massachusetts. Jika berhasil, Mayflower akan menjadi kapal otonom terbesar yang menyeberangi Samudra Atlantik.

Semula, perjalanan Mayflower yang baru ini direncanakan berlangsung tahun lalu, sebagai bagian dari peringatan 400 tahun perjalanan kapal Mayflower asli yang membawa para pemukim ke Inggris yang baru.

Perayaan peringatan itu melibatkan warga Inggris, Amerika Serikat (AS), Belanda, dan orang-orang Wampanoag yang wilayahnya didatangi para pemukim Inggris itu.

Pada peringatan perayaan Mayflower tahun-tahun sebelumnya, orang-orang Wampanoag sempat terpinggirkan.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:34
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19