Kompas TV internasional kompas dunia

Napak Tilas Mayflower, Kapal Robot Mutakhir Ini akan Berlayar Mengarungi Samudra Atlantik

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 21:49 WIB
napak-tilas-mayflower-kapal-robot-mutakhir-ini-akan-berlayar-mengarungi-samudra-atlantik
Pada foto yang diambil pada 14 September 2020 ini, sejumlah teknisi menurunkan kapal mutakhir berteknologi canggih ke air sejak dibangun di Turnchapel, Plymouth, Inggris. Kapal yang diberi nama Mayflower ini akan melakukan perjalanan napak tilas kapal Mayflower pada 4 abad lebih silam. (Sumber: AP Photo/Alastair Grant, file)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

SWANSEA, KOMPAS.TV – Pernah dengar nama kapal Mayflower? Empat abad dan setahun setelah kapal itu berlayar meninggalkan Plymouth, Inggris, dalam sebuah perjalanan bersejarah menuju Amerika, kapal lain bernama sama juga akan berlayar mengikuti jejaknya.

Namun, kapal Mayflower kali ini berbeda dengan kapal kayu yang berlayar pada 1620 silam. Mayflower kali ini merupakan kapal robot modern ramping tanpa awak maupun penumpang manusia.

Kapal Mayflower ini dipiloti oleh teknologi kecerdasan buatan nan canggih untuk menyeberangi trans-Atlantik yang akan memakan waktu sekitar 3 minggu.

Melansir Associated Press, proyek Mayflower ini bertujuan merevolusi penelitian kelautan.

IBM yang membangun kapal Mayflower bersama dengan organisasi penelitian kelautan nirlaba ProMare, mengonfirmasi bahwa Kapal Otonom Mayflower memulai perjalanannya pada Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Pemilik Ever Given Tuduh Otoritas Terusan Suez Bersalah Atas Kasus Kandasnya Kapal

Mayflower direncanakan singgah di Provincetown di Cape Cod sebelum berlayar menuju Plymouth, Massachusetts. Jika berhasil, Mayflower akan menjadi kapal otonom terbesar yang menyeberangi Samudra Atlantik.

Semula, perjalanan Mayflower yang baru ini direncanakan berlangsung tahun lalu, sebagai bagian dari peringatan 400 tahun perjalanan kapal Mayflower asli yang membawa para pemukim ke Inggris yang baru.

Perayaan peringatan itu melibatkan warga Inggris, Amerika Serikat (AS), Belanda, dan orang-orang Wampanoag yang wilayahnya didatangi para pemukim Inggris itu.

Pada peringatan perayaan Mayflower tahun-tahun sebelumnya, orang-orang Wampanoag sempat terpinggirkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.