Kompas TV regional berita daerah

Masuki Musim Kawin, Puluhan Ekor Ular Dievakuasi dari Permukiman Warga

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 18:41 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Petugas Tim Animal Rescue dari BPBD Kota Banjarmasin menunjukkan beberapa ekor ular yang berhasil diamankan akibat masuk ke dalam permukiman warga.

Diantaranya tangkapan terbaru Animal Rescue yang mengevakuasi dua ular yaitu kobra dari sebuah hotel di Banjarmasin pada minggu malam dan ular sanca dari kantor Kelurahan Pemurus Dalam pada senin siang.

Evakuasi dilakukan setelah laporan diterima dari warga yang mendapati hewan reptil tersebut berada di lingkungannya. 

Baca Juga: Polisi Gagalkan Peredaran 135 Kg Sabu dan 500 Gram Ganja ke Kalimantan Selatan

Tim Animal Rescue Banjarmasin menyebut sejak bulan Januari hingga kini setidaknya telah  mengevakuasi sekitar 50 ular dari permukiman warga baik dari rumah hingga perkantoran. 

Dimana 20 ekor diantaranya ditemukan hanya dalam kurun waktu mei dan pertengahan juni ini.

Tim menyebut banyaknya temuan diperkirakan karena hewan tersebut telah memasuki musim kawin sehingga lebih agresif dan  aktif keluar sarang.

Staf Tim Animal Rescue BPBD Kota Banjarmasin, Andy Putera, mengimbau masyarakat waspada dan memeriksa lingkungan sekitar yang mungkin menjadi tempat ular bersembunyi.

“Untuk kewaspadaan memang saat ini adalah musim kawin, bulai mei juni ini adalah musim kawinnya ular jadi makanya mereka keluar,” ucap Andy.

Baca Juga: Kabur ke Balikpapan, Pelaku Pembunuhan di Jalan Veteran Banjarmasin Akhirnya Ditangkap Polisi

Selain itu banyaknya ular yang memasuki permukiman warga juga diperkirakan akibat habitat ular yang terganggu dan lingkungan yang kotor.

“memang kebiasaan ular ini melintas dan setelah itu mengademkan diri di tempat yang agak dingin,” tambah Andy.

Sementara ular yang diamankan dikarantina terlebih dahulu sebelum di lepasliarkan ke habitatnya di kawasan Kabupaten Banjar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.