Kompas TV regional berita daerah

Masuki Musim Kawin, Puluhan Ekor Ular Dievakuasi dari Permukiman Warga

Rabu, 16 Juni 2021 | 18:41 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Petugas Tim Animal Rescue dari BPBD Kota Banjarmasin menunjukkan beberapa ekor ular yang berhasil diamankan akibat masuk ke dalam permukiman warga.

Diantaranya tangkapan terbaru Animal Rescue yang mengevakuasi dua ular yaitu kobra dari sebuah hotel di Banjarmasin pada minggu malam dan ular sanca dari kantor Kelurahan Pemurus Dalam pada senin siang.

Evakuasi dilakukan setelah laporan diterima dari warga yang mendapati hewan reptil tersebut berada di lingkungannya. 

Baca Juga: Polisi Gagalkan Peredaran 135 Kg Sabu dan 500 Gram Ganja ke Kalimantan Selatan

Tim Animal Rescue Banjarmasin menyebut sejak bulan Januari hingga kini setidaknya telah  mengevakuasi sekitar 50 ular dari permukiman warga baik dari rumah hingga perkantoran. 

Dimana 20 ekor diantaranya ditemukan hanya dalam kurun waktu mei dan pertengahan juni ini.

Tim menyebut banyaknya temuan diperkirakan karena hewan tersebut telah memasuki musim kawin sehingga lebih agresif dan  aktif keluar sarang.

Staf Tim Animal Rescue BPBD Kota Banjarmasin, Andy Putera, mengimbau masyarakat waspada dan memeriksa lingkungan sekitar yang mungkin menjadi tempat ular bersembunyi.

“Untuk kewaspadaan memang saat ini adalah musim kawin, bulai mei juni ini adalah musim kawinnya ular jadi makanya mereka keluar,” ucap Andy.

Baca Juga: Kabur ke Balikpapan, Pelaku Pembunuhan di Jalan Veteran Banjarmasin Akhirnya Ditangkap Polisi

Selain itu banyaknya ular yang memasuki permukiman warga juga diperkirakan akibat habitat ular yang terganggu dan lingkungan yang kotor.

“memang kebiasaan ular ini melintas dan setelah itu mengademkan diri di tempat yang agak dingin,” tambah Andy.

Sementara ular yang diamankan dikarantina terlebih dahulu sebelum di lepasliarkan ke habitatnya di kawasan Kabupaten Banjar.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19