Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa PMII Demo Tolak Tambak Modern dan Tambang Pasir Besi di Pesisir Selatan Jember

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII Cabang Jember Jawa Timur menggelar unjuk rasa di depan Kantor Pemkab setempat pada Rabu (16/06/2021).

Dalam aksinya, mereka menolak industri tambak modern, seperti tambak udang dan rencana pertambangan pasir besi di kawasan Pesisir Pantai Selatan, tepatnya di Kecamatan Gumukmas dan Kencong.

Mereka juga meminta Bupati Jember, Hendy Siswanto agar tidak mempermudah pemberian izin pada tambang galian C untuk pembangunan proyek jalan.

Ketua PC Pmii Jember, Muhammad Faqih menilai industri tambak udang modern, tambang pasir besi dan tambang galian C dapat merusak lingkungan, mencemari lahan pertanian, mencemari air laut dan merusak ekologi pantai.

Baca Juga: 10 Perusahaan Tambak Udang Tidak Memiliki Izin Budidaya dan Pengolahan Limbah

Aksi itu diakhiri dengan penandatangan petisi tolak industri tambak modern, tambang pasir besi dan legalisasi tambang galian C. Petisi itu kemudian dipasang di papan nama Kantor Pemkab Jember.

Mereka akan menggelar aksi penolakan lebih besar lagi, karena tidak satu pun pejabat Pemerintah Kabupaten Jember menemui aksi penyampaian aspirasi.

 

#PMII #UnjukRasa #TambakUdang #TambangPasirBesi #TambangGalianC #MerusakLingkungan #MencemariPantai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x