Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Temukan Buku Hikayat Pohon Ganja di Rumah Anji, Tentang Apa?

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 17:19 WIB
polisi-temukan-buku-hikayat-pohon-ganja-di-rumah-anji-tentang-apa
Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dijadikan tersangka terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkotika. Sebelumnya, hasil cek urine Anji yang dilakukan di Mapolres Jakarta Barat menunjukkan hasil positif mengandung THC (Tetrahydrocannabinol) alias zat aktif yang terkandung di dalam ganja. (Sumber: Yogi Syahrevi / Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam upaya penangkapan Anji eks Drive, Polisi mengungkap ada beberapa barang bukti yang terkumpul, salah satunya adalah buku Hikayat Pohon Ganja. 

Dilansir dari Kompas.com, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengungkapkan barang bukti tersebut ditemukan saat menggeledah kediaman Anji di Bandung, Jawa Barat.

"Ini yang bisa kita amankan di tempat kedua. Mungkin cukup menarik kenapa ada buku Hikayat Pohon Ganja yang pernah kita temukan di tersangka (Jeff Smith) sebelumnya,” ucap Ady Wibowo.

Kepada polisi, Anji mengaku buku tersebut dibaca untuk mendalami pengetahuannya mengenai ganja.

Baca Juga: Periksa Rumah Anji di Bandung, Polisi Temukan Biji, Batang Ganja, dan Buku Hikayat Pohon Ganja

"Menurut saudara AN ini adalah bagian dari edukasi yang bersangkutan terkait dengan ganja itu sendiri, karena sudah rekan-rekan pahami juga di 48 negara bagian di Amerika udah melegalkan tanaman ganja ini. Tapi itu bukan ranah kita kepolisian," kata Ady.

Apa sebenarnya isi dari buku Hikayat Pohon Ganja?

Buku Hikayat Pohon Ganja merupakan buku yang ditulis oleh Lingkar Ganja Nusantara (LGN), sebuah komunitas yang berusaha mengadvokasi dan mengedukasi tentang tanaman ganja.

Melalui buku tersebut, LGN berusaha untuk memberikan informasi-informasi dasar dalam memperkenalkan ganja kepada pembaca. LGN juga menjelaskan tentang ganja dalam ranah medis, peradaban ganja di dunia, hingga budaya ganja Nusantara.

Salah satu isi bukunya yakni menceritakan sejarah ganja mulai tahun 10.000 SM sampai dengan tahun 1990-an. Dalam zaman itu, ganja lebih dikenal sebagai pohon kehidupan karena manfaatnya untuk menopang peradaban manusia. Seratnya untuk pakaian dan kertas, bijinya sebagai sumber protein dan minyak nabati.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pengakuan Anji, Konsumsi Sejak 2020 hingga Beli Ganja di Media Sosial



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.