Kompas TV regional update corona

Curhat Ganjar Pranowo Dapat Surat dari India Perihal Varian Delta di Kudus

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 16:08 WIB
curhat-ganjar-pranowo-dapat-surat-dari-india-perihal-varian-delta-di-kudus
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bercerita beberapa waktu lalu mendapat surat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika India perihal virus corona varian delta. Mereka meminta Ganjar Pranowo untuk membantu menurunkan semua pemberitaan dan informasi yang menyebutkan varian India sudah masuk ke Jawa Tengah, terutama Kudus.

"Ya mungkin mereka tersinggung kalau disebut varian negaranya, jadi kami sekarang menyebut varian baru," ujar Ganjar Pranowo dalam webinar FKKMK UGM bertajuk Varian Virus Corona Delta di Kudus, Rabu (16/6/2021).

Varian baru corona di Kudus ini juga sudah dibenarkan oleh berbagai tes yang mengungkapkan penularan Covid-19 di Kudus termasuk mutasi varian baru (varian delta). Ganjar Pranowo tidak menampik lonjakan kasus Covid-19 di Kudus ini memang membuat semua orang panik. Sebab terjadi peningkatan eksponeksial jumlah pasien Covid-19. 

Baca Juga: Ganjar Temukan Pasien Covid-19 Telantar di RSUD Jepara

"Rumah sakit panik, apalagi rumah sakit daerah, kami mencoba membantu," ucapnya.

Menurut Ganjar Pranowo, Pemprov Jateng tidak bisa hanya mengantisipasi, melainkan harus merespons secara cepat mengingat kepanikan yang terjadi di masyarakat tidak boleh terjadi lebih lama. Ia pun menerapkan 5M dan 3T.

Lagi-lagi Ganjar tidak mengelak, saat para bupati juga semakin takut dengan penerapan 5M dan 3T. Alasannya, performa daerah dikhawatirkan merosot jika banyak kasus Covid-19 yang terkuak.

"No (jangan takut), ini bentuk kami menangani lebih cepat, untuk mengetahui kebutuhan bed rumah sakit serta sumber daya manusia yang membantu menangani," tuturnya.

Ia meminta rumah sakit menambah bed untuk ICU. Hal ini juga membuat rumah sakit merasa keberatan, akan tetapi Ganjar meminta pengelola rumah sakit harus putar otak, sebab yang dibutuhkan adalah bed untuk ICU. 

Terkait sumber daya manusia, Ganjar bercerita sudah mendapat tawaran bantuan pengiriman dokter dari luar Jawa. Ia terharu mendengar kebaikan yang dianggapya sebagai penerapan Pancasila secara konkrit.

Baca Juga: Ganjar Optimalkan Rusun Untuk Isoman di Kudus

Pasien-pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala pun disediakan tempat isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan Boyolali dan rumah susun. Pertimbangannya, orang isolasi mandiri di rumah belum tentu bisa disiplin.

Ganjar Pranowo berpendapat persoalan peningkatan kasus Covid-19 di Kudus sudah bahaya dan tidak bisa diselesaikan dengan cara yang biasa-biasa saja.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x