Kompas TV nasional peristiwa

Politikus DPR akan Bahas Persoalan Sampah di Komisi IV Hari Ini, Sejumlah Pihak Diundang

Rabu, 16 Juni 2021 | 06:08 WIB
politikus-dpr-akan-bahas-persoalan-sampah-di-komisi-iv-hari-ini-sejumlah-pihak-diundang
Produksi sampah di Jakarta selama Ramadhan 2019 meningkat dibandingkan dengan 2018. Sisa makanan mendominasi sampah yang masuk ke TPA Bantargembang, Bekasi. (Sumber: Kompas.id/Aguido adri)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Persoalan pencemaran sampah dan limbah yang setiap hari menjadi beban di beberapa kota besar di Indonesia, akan dibahas dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) di Komisi IV DPR hari ini, Rabu (16/6/2021). 

Hal itu tercantum dalam agenda rapat DPR. "Panja Komisi IV DPR RI mengenai Pencemaran Sampah dan Limbah melaksanakan RDPU dengan Pemerhati Pengelolaan serta Pencemaran Sampah dan Limbah," begitu agenda yang tercantum.

Untuk meminta masukan, panja sudah mengundang sejumlah pihak, yaitu Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri (ITB),  Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, S.K.M, DrPH. (UI), Ir. Sri Bebassari, M.Si. (Pemerhati Pengelolaan Sampah), komunitas pelestari lingkungan Octopus Indonesia, organisasi  Zero Waste Indonesia dan Waste for Change.

Baca Juga: Viral Petugas KAI Tertangkap Kamera Buang Tumpukan Sampah ke Bantaran Sungai

Zero Waste Indonesia (ZWID) adalah sebuah komunitas berbasis online pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2018 oleh Maurilla Imron dan Kirana Agustina dengan tujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup nol sampah (Zero Waste Lifestyle). 


Sementara Octopus Indonesia aktif mengajak masyarakat mendaur ulang sampah plastik. 

Baca Juga: Banda Aceh Hasilkan 80 Ribu Ton Lebih Sampah Plastik dalam Setahun

"Sudah terlalu lama kita mengeksploitasi ekosistem planet kita. Mari bersama memulai dan melanjutkan upaya restorasi ekosistem planet bumi, dengan salah satu cara yaitu mencegah bertambahnya polusi sampah yang berdampak buruk bagi lingkungan," demikian ajakan mereka saat hari lingkungan sedunia, 5 Juni 2021 lalu.
 

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19