Kompas TV video cerita indonesia

5 Kompetensi Lulusan Kampus Indonesia Masa Depan Versi Jokowi

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 00:28 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo hari ini (15/6/2021) berdialog dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolgi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim secara virtual melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam perbincangan tersebut Jokowi memaparkan lima kompetensi lulusan perguruan tinggi Indonesia yang ia harapkan untuk masa depan.

Dikutip dari pernyataan Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim, berikut lima komptensi lulusan kampus Indonesia masa depan, versi Jokowi : 

Baca Juga: Jokowi Tanya Nadiem Apa Yang Sudah Dilakukan Untuk Capai Visi SDM Unggul, Ini Jawaban Nadiem!

  1. Lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemajuan bangsa, juga untuk kemanusiaan, juga untuk toleransi dalam kebhinekaan. Itu watak yang tidak boleh ditawar.
  2. Lulusan kita harus memiliki karakter dan skill pembelajar yang kuat, selalu belajar hal-hal yang baru, mengupdate pengetahuan, karena hal ini sangat penting. Masa depan itu akan penuh dengan disrupsi, perubahan-perubahan  yang besar, kompetisi. Tanpa belajar terus menerus, lulusan kita akan tertinggal dengan IPTEK yang perkembangannya sangat pesat.
  3. Lulusan kita bukan hanya mempunyai kemampuan akademik, tetapi juga memiliki kemampuan inovasi yang kuat dan juga mampu menjadi problem solver terhadap masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat.
  4. Lulusan kita harus menguasai Iptek yang terbaru, mungkin saja Iptek terbaru belum dikuasai oleh kampus, tapi sudah berkembang di dunia industri. Oleh karena itu, keterlibatan industi di dalam pendidikan kampus sangatlah penting. Juga kerja sama antar kampus untuk mempercepat proses pengembangan  dan penguasaan Iptek terbaru.
  5. Lulusan kita jangan hanya siap mengisi lapangan kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja. Pentingnya pendidikan kewirausahaan dan juga interaksi yang intensif dengan dunia industri menjadi kunci yang penting bagi karya karya inovatif bagi lulusan-lulusan kita.

Editor : Vila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x