Kompas TV nasional kesehatan

Antrean Pasien Wisma Atlet Naik Dua Kali Lipat

Selasa, 15 Juni 2021 | 23:10 WIB

KOMPAS.TV - Antrean pasien covid-19 membludak di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet terekam dan viral di media sosial.

Antrean pasien di UGD RSD Wisma Atlet terjadi sejak Senin malam dengan penambahan hingga dua kali lipat dari sehari sebelumnya.

Komandan Lapangan RSD Covid-19 Wisma Atlet, Letkol Laut M Arifin menyebut rata-rata pasien adalah rujukan dari puskesmas di DKI Jakarta.

Presiden Joko Widodo hari ini memanggil Gubernur dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah DKI Jakarta membahas lonjakan penularan di Ibu Kota. 

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut Presiden meminta pemprov dan Forkopimda DKI Jakarta mengantisipasi kenaikan kasus termasuk terdeteksinya varian India di DKI.

Kasus aktif covid-19 di DKI Jakarta saat ini tercatat sebanyak 17.444 naik sekitar 50% hanya dalam seminggu.

Dari 160 rumah sakit rujukan di DKI tingkat keterisiannya juga meningkat pesat.

Ruang ICU terisi hingga 71% dan ruang isolasi telah terisi hingga 78%.

Pada13 Juni lalu, Gubernur Anies Baswedan mengumumkan DKI Jakarta dapat memasuki fase sangat genting jika tidak segera mengantisipasi dengan pengetatan protokol kesehatan.

Tingginya kasus harian baru di DKI Jakarta setelah libur lebaran semakin mengkhawatirkan dengan penemuan varian baru India di DKI Jakarta yang mendominasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta penanganan situasi di DKI dan daerah yang terdeteksi diperketat, karena penularan varian ini jauh lebih cepat.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman sependapat dengan kegentingan penularan covid-19 di DKI Jakarta.

Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta Pemprov Dki terus meningkatkan jumlah vaksinasi warga khususnya di wilayah padat penduduk.

Kekebalan kelompok atau herd immunity DKI Jakarta ditarget tercapai pada bulan Agustus tahun ini.

Penulis : Luthfan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19