Kompas TV internasional kompas dunia

China Bantah Reaktor Nuklirnya Bocor, Hong Kong Waspada

Rabu, 16 Juni 2021 | 01:41 WIB
china-bantah-reaktor-nuklirnya-bocor-hong-kong-waspada
Pada foto yang diambil pada 17 Oktober 2013 ini, Menteri Keuangan Inggris saat itu, George Osborne (kiri) tengah berbincang dengan General Manager Taishan Nuclear Power Joint Venture Co. Ltd. Guo Liming saat ia menginspeksi pembangunan reaktor nuklir di Taishan, Guangdong, China itu. (Sumber: AP Photo/Bobby Yip, Pool, File)

HONG KONG, KOMPAS.TV – Pemerintah China mengatakan pada Selasa (15/6/2021), tak ada radiasi abnormal yang terdeteksi di luar reaktor nuklir di dekat Hong Kong.

Melansir Associated Press, pernyataan ini dilontarkan menyusul kabar yang menyebut adanya kebocoran pada reaktor nuklir China yang terletak di dekat Hong Kong itu.

Pemerintah Hong Kong menyatakan akan mengawasi reaktor nuklir itu. Menurut Observatori Hong Kong, tingkat radiasi pada Selasa (15/6/2021) terbilang normal di Hong Kong.

Operator reaktor nuklir merilis sejumlah rincian. Namun menurut para pakar nuklir, berdasarkan pernyataan singkat mereka, kemungkinan gas bocor dari batang bahan bakar di dalam reaktor yang terletak di Taishan, sekitar 135 kilometer di barat Hong Kong itu.

Baca Juga: Korea Selatan Akan Tuntut Jepang karena Buang Air Limbah Radioaktif Nuklir ke Samudera Pasifik

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian tidak mengonfirmasikan adanya kebocoran atau rincian lainnya.

“Tak ada yang abnormal yang terdeteksi pada tingkat radiasi di sekeliling reaktor,” katanya menjawab pertanyaan para wartawan.

Framatome, perusahaan Prancis yang membantu mengelola Reaktor Nuklir Taishan di provinsi Guangdong, menyatakan pada Senin (14/6/2021) bahwa reaktor itu tengah menangani masalah kinerja.

Fasilitas reaktor, kata Framatome, beroperasi dalam batas aman.

Baca Juga: Perjanjian dengan Iran Berakhir, IAEA Tak Bisa Lagi Pantau Fasilitas Nuklir Iran

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19